Beranda News Market Update 2017, BlackBerry Jual 850.000 Smartphone dan "Misi Terlaksana"

2017, BlackBerry Jual 850.000 Smartphone dan “Misi Terlaksana”

-


Jakarta, Selular.ID – Tahun lalu BlackBerry resmi memperkenalkan smartphone Android dual-SIM Aurora dan KeyOne di Indonesia. Di kancah global, vendor juga menghadirkan BlackBerry Motion pada Desember 2017.

Dari tiga perangkat yang dirilis, hanya 850.000 smartphone BlackBerry yang dikirim sepanjang tahun lalu.

Informasi itu berasal dari Direktur Riset Senior IDC untuk Mobile Devices, Francisco Jeronimo.

Sebagai perbandingan, Google berhasil mengirimkan 3,9 juta Pixel pada 2017 meski baru secara resmi menjualnya di beberapa pasar.

Di sisi lain, dilansir Selular.ID dari The Verge, eksekutif BlackBerry senang dengan ‘kehadiran chanel’, bagaimana produknya berada dalam saluran penjualan langsung ke calon pelanggan.

Perangkat BlackBerry tersedia di 50 negara di lebih dari 110 operator. Di Indonesia, perusahaan menggandeng empat operator nasional dalam peluncuran BlackBerry KeyOne November lalu: Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Smartfren.

Hal ini tampaknya lebih penting bagi perusahaan daripada penjualan aktual.

Meski jumlah pengiriman rendah untuk tahun lalu, Francois Mahieu, chief commercial officer BlackBerry Mobile, telah mengumumkan “mission accomplished” (misi terlaksana) usai peluncuran dua flagship pertamanya di era TCL Januari lalu (KeyOne Bronze Edition dan Motion New Edition).

Permasalahan pada penjualan BlackBerry itu diduga karena banyak pelanggan potensial yang belum menyadari kalau perusahaan telah membuang sistem operasinya sendiri untuk Android. Ini merupakan PR (pekerjaan rumah) perusahaan di masa depan.

Baca juga: BlackBerry Akan Kenalkan Seri Baru di Kuartal Pertama?

Kendati demikian, BlackBerry mempunyai target tinggi, Mahieu mengatakan dia berharap mereknya akan meraih 3 sampai 5% pasar smartphone untuk perangkat premium (di atas Rp6 juta) di tahun-tahun mendatang.

Untuk mencapai persentase itu, berarti perusahaan perlu menjual 10 juta unit per tahun, yang saat ini nampaknya cukup jauh dari hasil 2017.

Artikel Terbaru