spot_img
BerandaSmartphoneTerpaut 12 Tahun, Sirocco Hadir Lagi Melalui Nokia 8

Terpaut 12 Tahun, Sirocco Hadir Lagi Melalui Nokia 8

-


Jakarta, Selular.ID – Persembahan HMD Global di panggung MWC di Barcelona merupakan perjalanan emosional penuh memori. Nokia 7 Plus mungkin telah mencuri perhatian, namun Nokia 8 Sirocco dan Nokia 8110 4G telah mencuri hati pengunjung.

Ponsel pisang yang terkenal Nokia 8110 dilahirkan kembali dengan chip modern, dukungan LTE, dan segalanya. Nokia 8110 4G akan tersedia hanya dengan harga Rp1,3 juta dan kuning adalah satu dari dua pilihan warna.

Tapi HMD terus menghadirkan kejayaan di masa lalu. Setelah kebangkitan ikonik 3310 diikuti sekuel kultus 8110, HMD melepas nama lain dari era keemasan Nokia: Sirocco.

Apakah Anda ingat edisi mahal Nokia 8800: Arte, Carbon, Sapphire, Sirocco? Bentuknya seperti tetesan cairan dengan finishing mewah. Nokia 8800 Sirocco cukup mudah diingat dan paling dikenali sampai hari ini.

Dan sekarang, terpaut 12 tahun dari Nokia 8800 Sirocco, HMD Global merilis sekuelnya: Nokia 8 Sirocco.

Bukan slide cover, Nokia 8 Sirocco mengusung desain full screen. Bentuk cairannya, dikatakan HMD, sekarang adalah lapis Gorilla Glass 5 glossy hitam di permukaan bagian belakang perangkat.

Smartphone mengusung beberapa upgrade dari Nokia 8 original yang keluar tahun lalu. Layar P-OLED yang lebih besar dan lebih premium, bingkai stainless steel dan ketahanan-air, kamera dual yang lebih baik dengan lensa yang lebih terang dan zoom tele.

“Nafas” Sirocco di Nokia 8 bisa terlihat dari desain premium dan mengkilap, namun Anda juga bisa merasakannya di layar OLED premium dan pengalaman kamera bertenaga Zeiss dengan kamera Pro terbaru.

Banyak yang telah berubah sejak hari-hari Nokia 8800 Sirocco, dan kami senang moniker ini kembali. Kalau disandingkan dengan Sirocco original yang dirancang untuk keindahan dan kekuatan, Nokia 8 Sirocco tidak mengecewakan.

Nokia 8 Sirocco secara teknis adalah versi premium dari Nokia 8 namun dalam praktiknya lebih dekat ke ponsel baru sama sekali.

Pertama-tama, tahun lalu Nokia 8 menggunakan resolusi QHD 16:9 5.3 inci, Nokia 8 Sirocco menggunakan display QHD p-OLED 16:9 5,5 inci.

Chipset yang sama Snapdragon 835 sekarang dikawinkan dengan RAM 6GB.

Nokia 8 Sirocco tidak lagi menggunakan aluminium belakang Nokia 8 dan menggunakan Gorilla Glass 5, depan dan belakang. Bingkai di antaranya adalah stainless steel.

Berkat penggunaan kaca di bagian belakang, Nokia 8 Sirocco mendukung Qi Wireless Charging.

Baca juga: Nokia 8 Usung Nougat, Bukan Oreo

Nokia 8 Sirocco juga tahan air dan tahan IP67, dibandingkan dengan ketahanan splash IP54 pada Nokia 8.

Terakhir, sistem dual camera mengalami perombakan total. Nokia 8 Sirocco sekarang menggunakan kamera 12MP regular dan kamera wide 12MP yang sama dengan Nokia 7 Plus.

Paling penting, vendor mencabut keberadaan audio jack 3,5mm di Nokia 8 Sirocco. Jadi Anda harus menggunakan USB type-C atau nirkabel dengan sambungan Bluetooth untuk mendengarkan musik melalui earset/headset/headphone.

Secara global, Nokia 8 Sirocco akan mulai tersedia pada bulan April dengan harga €749 atau setara Rp12,6 juta.

Artikel Terbaru