Beranda News Kemudi Buka Kelas Online Untuk Stop Cyberbullying dan Hate speech

Kemudi Buka Kelas Online Untuk Stop Cyberbullying dan Hate speech

-

Cara-Menggunakan-Internet-Secara-Positif_25_20170113130400XoDZJakarta, Selular.ID – Cyberbullying dan hate speech menjadi masalah terkait pengguna internet di Indonesia. Ditambah penyalahgunaan data pribadi yang sering tidak disadari oleh pengguna internet, terutama anak muda yang menggunakan internet nyaris untuk setiap kegiatannya.

Berkaca dari permasalahan itu, terbentuklah Kelas Muda Demokrasi Digital (Kemudi) yang berusaha mengisi kekosongan literasi digital untuk anak muda. Dalam situs resminya, Resa Temaputra Program Manager Kemudi, menjelaskan tujuan dibentuknya Kemudi yaitu untuk mencetak generasi muda yang kritis dalam menerima informasi, serta dapat memanfaatkan internet untuk tujuan-tujuan demokrasi dan penyebaran informasi yang lebih sehat.

“Ada lima modul, dan dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan anak muda. Tapi tujuan utamanya tetap sama, yaitu meningkatkan digital literacy bagi anak muda, apa sih internet dan bagaimana menggunakannya dengan bijak dalam berekspresi,” tutur Resa

Lima tema yang dipilih yaitu Internet dan HAM, Internet dan Demokrasi, Tata Kelola Internet, Privasi dan Keamanan di Internet, serta Anak Muda dan Aktivisme Digital.

Modul kelas Kemudi tersebut disampaikan secara online melalui kelas online. Untuk kelas secara online Kemudi bekerja sama dengan platform KelasKita.com. Di kelas tersebut, para peserta juga bisa berinteraksi langsung dengan para fasilitator. Kelas online Kemudi sudah diikuti lebih dari 600 orang.

“Selain memperkenalkan isu-isu penting mengenai internet melalui kelas online, kami juga membuat beberapa kegiatan offlineClass Meeting Kemudi seperti workshop, diskusi, sampai pemutaran film,” tutur Resa.

Artikel Terbaru