Beranda News Pelaku Cyber Bullying Bisa Dijerat Hukum Pidana

Pelaku Cyber Bullying Bisa Dijerat Hukum Pidana

-

ali-zaidan

Jakarta, Selular.ID – Teknologi informasi bak pisau bermata dua. Di satu sisi membawa sifat positif yakni mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi secara up to date, namun di lain pihak malah bisa mempunyai dampak negatif. Salah satunya adalah cyber bullying.

Cyber bullying merupakan tindakan kekerasan dalam dunia maya. Tanpa perlu bertatap muka dengan korban, si pelaku bisa menebar ancaman, hujatan, penghinaan, penindasan, dan sebagainya yang bisa menyakiti seseorang. Cyber bullying tidak bisa dianggap enteng karena bisa memicu korban untuk bunuh diri.

Menurut penuturan Muhammad Ali Zaidan, Pakar Hukum Pidana UPN Veteran, semua perbuatan yang merugikan seseorang (korban) masuk dalam tindak kejahatan karena memiliki motivasi yang berbeda-beda. Dan seluruh tindakan kriminal tentu ada payung hukum pidana yang mengaturnya.

“Dari perspektif hukum pidana, ini (cyber bullying) berorientasi pada perbuatan. Maka hukum harus memberi penghargaan hukuman terhadap motivasi-motivasi (kejahatan) tersebut,” ujar Ali saat memberikan presentasi di Ngobral (Ngobrol Bareng Selular) dengan tema ‘Mengenal Lebih Dalam tentang Cyber Bullying’ (21/3/2016).

Menanggapi masalah cyberbullying, Indonesia telah memiliki peraturan perundang-undangan yang cukup untuk menindak tindak pidana cyberbullying ini, salah satunya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam undang-undang ini, terdapat pasal-pasal yang lebh sesuai untuk menjerat para pelaku cyberbullying. Ancaman hukuman ITE lebih berat dan termasuk pidana tingkat tinggi.

Hukuman yang bisa diterima oleh mereka yang telah melanggar adalah:

1. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE Pasal 45 ayat 1: setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (1), ayat (3), ayat (4) dipidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000 (satu milyar rupiah).
2. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE Pasal 45 ayat 2: setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 28 ayat (2) dipidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1.000.000.000 (satu milyar rupiah).
3. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE Pasal 45 ayat 1: setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam pasal 29 dipidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.2.000.000.000 (dua milyar rupiah).

Artikel Terbaru