Saturday, July 11, 2020
Home Headline Hadir di Universitas Pelita Harapan NGOBRAL Bicara Soal Cyber Bullying

Hadir di Universitas Pelita Harapan NGOBRAL Bicara Soal Cyber Bullying

-

image

Jakarta, Selular.ID – Talkshow Ngobral (Ngobrol bareng Selular) bersama Smartfren yang sebelumnya sudah digelar di 4 kampus di Jabotabek, kini hadir di Universitas Pelita Harapan dengan mengambil tema “Mengenal lebih dekat soal Cyber Bullying”.

Tema ini terbilang sangat hot di jaman sekarang ini, dimana Cyber Bullying sudah kerap terjadi di sosial media, terutama dikalangan artis dan public figure di Indonesia yang banyak mengalaminya.

Talkshow Ngobral bersama Smartfren membawa pembicara dari praktisi sosial media dan broadcasting serta provider penyedia layanan intenet. Dari Praktisi sosial media ada Indra Khairudin yang saat ini menjabat sebagai Editor di situsĀ  Selular.ID, sedangkan dari pakar broadcaster diwakili oleh Donny De Keizer, pembawa acara beritasatu sekaligus CEO MEDKOM Group.

Perilaku bullying sebenarnya sudah ada sejak dahulu sebelum adanya sosial media di internet, namun karena semakin mudahnya orang mengakses internet maka perilaku ini merambah ke sosial media.

“Gak perlu nyali yang besar untuk membully orang, namun sebaliknya korban bullying harus memiliki kebesaran hati untuk menerima,” demikian kata Indra Khairudin, Editor Selular.

Indra juga menambahkan bahwa tanpa aktifitas fisik, cyber bullying dapat berdampak negatif pada korbannya. Karena tidak sedikit korban cyber bullying berujung kepada bunuh diri. Indra lebih jauh juga memberikan fakta dan data-data soal cyber bullying yang terjadi di dunia maya.

Sebagai aktivis yang banyak berkecimpung didunia broadcasting, Donny De Keizer menjelaskan pengalamannya sejak pertama terjun didunia broadcasting. Menurutnya teknologi sekarang dapat mempermudah orang untuk menjadi seorang reporter, bahkan kini ada cara baru untuk menyampaikan informasi dengan cepat melalui sosial media. Siapapun dapat menjadi seorang reporter untuk memberikan informasi dengan cepat, aktivitas ini disebut sebagai Citizen Jurnalisme.

“Hati-hati jangan gunakan handphone untuk merekam yang tidak senonoh, karena jika tersebar, maka membuat penggunanya bahaya. karena file tersebut mekipun hilang bisa dimunculkan kembali dan bisa disalah gunakan oleh orang,” demikian kata pria bertubuh besar ini.

Di sesi terakhir, sebagai penyedia layanan internet dengan teknologi terbaru 4G/LTE advanced, Smartfren menjelaskan bahwa kemudahan untuk bersosial media tidak lepas dari provider yang menyediakan layanan internet. Dengan paket data yang hemat dan kecepatan akses internet 4G/LTE cepat, pengguna Smartfren dapat dengan mudah mengakses sosial media.

Latest