Beranda Tips Tips Lindungi Anak Saat Online

Tips Lindungi Anak Saat Online

-

Norton-CybersecurityJakarta, Selular.ID – Perusahaan yang bergerak di bidang keamanan cyber Symantec, pekan lalu merilis temuan dari Norton Cyber Security Insight Report yang menyoroti kekhawatiran orangtua tentang anak-anak mereka di dunia online.

Laporan survei menemukan bahwa 37 persen orangtua modern/milenial di Indonesia yang disurvei percaya bahwa anak-anak mereka lebih mungkin untuk diintimidasi di dunia online dibandingkan di tempat bermain. Sebanyak 68 persen khawatir anak-anak mereka akan membeberkan informasi pribadi terlalu banyak kepada orang asing.

Kekhawatiran utama bagi orangtua di Indonesia, adalah anak mereka akan tertarik untuk bertemu dengan orang asing di luar (69 persen). Survei juga menemukan bahwa 61 persen orangtua khawatir jika anak mereka akan diintimidasi secara online dibandingkan anak mereka yang berperan sebagai pengganggu di dunia maya (55 persen).

Guna mengurangi kekhawatiran di atas, sebaiknya orangtua melakukan pencegahan untuk melindungi anak-anak mereka ketika beraktivitas online, seperti membatasi akses ke situs web tertentu, mengizinkan akses internet dengan pengawasan, memeriksa riwayat browser mereka, serta membatasi informasi yang dipasang di profil sosmed.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan orangtua untuk melindungi anak-anak mereka dan menjaga keamanan online keluarga mereka. Tips terbaik bagi orangtua, menurut Choon Hong Chee, Director Norton, Consumer & Small Business untuk kawasan Asia, adalah sebagai berikut:

1. Lakukan dialog terbuka : Sangat penting untuk memulai percakapan dengan anak-anak lebih awal dan lakukan dialog terbuka. Sisihkan waktu untuk mendiskusikan perilaku online yang tepat dan membuat “Aturan Rumah” yang disesuaikan usia tentang penggunaan komputer, smartphone, dan sistem game yang digunakan. Menjadi panutan positif bagi anak-anak dan memberikan contoh, merupakan hal penting.

2. Didik anak : Luangkan waktu mendidik anak secara teratur tentang bahaya internet dan menciptakan kesadaran terkait isu-isu seperti sexting, cyberbullying, predator online, dan masalah keamanan privasi. Periksa untuk memastikan anak-anak tidak berbagi informasi pribadi seperti password, alamat, dan nomor telepon dengan orang yang mereka tidak kenal.

3. Jelajahi teknologi : Pertimbangkan teknologi kontrol orangtua gratis seperti Norton Family, yang membantu mengatur dan menegakkan aturan-aturan dasar dan dapat membatasi situs yang dapat diakses dan jenis informasi yang bisa dibagi dengan online.

Anda bisa menikmati percobaan Norton Family selama 30 hari secara gratis, dengan mengunjungi tautan berikut.

Artikel Terbaru