Thursday, April 25, 2019
Home News Kominfo Uji Coba Siaran TV Digital

Kominfo Uji Coba Siaran TV Digital

-

image

Jakarta, Selular.ID – Untuk mempercepat digitalisasi siaran televisi, Kementeian Komunikasibdan Informatika RI akan melakukan ujicoba siaran tv digital terrestrial pada pertengahan Juni 2016 mendatang.

Ujicoba siaran tv digital ini dikatakan Rudiantara, Menkominfo RI untuk mengetahui aspek teknis dan non teknis yang terdapat dalam penyiaran digital.

“Daripada kita berandai-andai terus kira-kira permasalahan apa saja yang ada, ya sudah kita ujicoba saja. Jadi pada saat pembahasan revisi UU Penyiaran  nanti kita sudah punya bahan bukan lagi mengira-ngira,” tegasnya pada saat penandatanganan nota kesepahaman uji coba siaran tv digital di ruang serbaguna kominfo, Jakarta (9/6/2016).

Lebih lanjut menteri yang biasa disapa Chief RA ini menegaskan bahwa digitalisasi tv ini tidak bisa dihindari lagi karena semua negara di dunia akan bermigrasi ke digital.

“Myanmar yang GDP-nya masih dibawah kita saja sudah berani menentukan kapan akan migrasi ke digital, ” ungkapnya. Indonesia sendiri dikatakan Rudiantara untuk implementasi tv digital ini masih terbentur masalah terkait legislasi.

Selain itu permasalahan yang lain adalah kepemilikan tv digital oleh masyarakat yang belum merata. Bagi masyarakat yang belum memiliki tv digital, Menkominfo berharap para penyedia konten dapat menyediakan set top box.

Ujicoba yang akan dilaksanakan pada 15 Juni hingga 15 Desember 2016 ini akan dilakukan di 20 lokasi yang diikuti oleh 36 penyedia konten.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest