Practo Caplok Perusahaan Analitik Bisnis

practo

Jakarta, Selular.ID – Industri layanan kesehatan saat ini sedang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Platform layanan kesehatan, Practo, kembali melakukan akuisisi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Akuisisi kelima perusahaan ini jatuh pada Enlightiks – penyedia platform analitik yang berasal dari Bangalore, yang menawarkan solusi intelejen bisnis (business intelligence/BI) bagi perusahaan-perusahaan layanan kesehatan.

Akuisisi ini semakin memperkuat portofolio Practo dalam industri di segmen perusahaan layanan kesehatan dan meningkatkan solusi-solusi yang sudah ada seperti manajemen pembuatan janji temu dengan Qikwell dan solusi lengkap Hims dengan Insta.

Penawaran unggulan dari Enlightiks adalah Querent, yang merupakan sebuah intelejen bisnis dan platform analitik prediktif yang menyediakan informasi yang dapat diaplikasikan menggunakan model matematika, statistik, komputasi dan kognitif yang kompleks.

Hal ini memungkinkan para CXO mengoptimalkan bisnis mereka secara real time sejak penggunaan pertama. Querent dapat memberikan prediksi yang akurat untuk metrik bisnis utama dan membantu perusahaan-perusahaan mengambil tindakan proaktif yang dapat memberikan dampak positif terhadap keputusan bisnis, baik dalam jangka pendek maupun jangka menengah.

Platform ini memiliki kemampuan untuk membaca informasi baik yang terstruktur dan tidak terstruktur dan menerapkan machine learning canggih serta teknik-teknik pembelajaran yang mendalam untuk mengungkap informasi tersembunyi. Platform ini menggunakan teknologi Natural Language Generation (NLG) untuk menghadirkan informasi otomatis bagi para pengguna bisnis dengan menganalisis sejumlah volume informasi besar yang berada di dalam Hospital Information System (HIS) dan sistem transaksional lainnya.

Platform ini juga memungkinkan interpretasi visual informasi serta menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan layanan kesehatan di berbagai bidang termasuk operasional, keuangan, kualitas, harga, pemasaran, manajemen pelanggan dan penilaian risiko.

Saat ini ada lebih dari 200 pusat layanan kesehatan termasuk rumah sakit dan klinik di dalam negeri yang telah menggunakan platform tersebut.

Tim Enlightiks yang beranggotakan 50 orang akan bergabung dengan Practo dan membentuk Analytics Business Unit di Practo yang nantinya akan dipimpin oleh Vamsi Chandra Kasivajjala, Co-Founder & CEO, Enlightiks.

“Ini adalah akuisisi kelima kami dan ketiga untuk enterprise. Dengan Querent, kami bisa membantu para CXO menjalankan perusahaan mereka jadi lebih efisien yang juga seharusnya meningkatkan kualitas keseluruhan perawatan dan pada saat yang sama menjadikannya lebih terjangkau,” ungkap Shashank ND, Founder & CEO, Practo