spot_img
BerandaApps5 Aplikasi Konsultasi Dokter Online Terpercaya

5 Aplikasi Konsultasi Dokter Online Terpercaya

-

aplikasi dokter

Jakarta, Selular.ID – Jasa layanan online kian menjamur di era digital. Menjawab kebutuhan kaum urban untuk memenuhi kebutuhan tanpa repot melangkahkan kaki keluar rumah. Tak hanya gerai-gerai toko online, jasa konsultasi kesehatan pun bermunculan.

Ekosistem kesehatan digital sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi hanya sekedar tren. Saat ini masyarakat sudah terbiasa mencari informasi kesehatan di internet, tapi sumbernya sering tidak valid. Lebih baik cari sumber dengan dokter-dokter yang kompeten.

Di jagat maya ada sejumlah aplikasi di smartphone yang juga menawarkan informasi dan jasa layanan konsultasi kesehatan secara online. Aplikasi konsultasi dokter online bisa dimanfaatkan untuk berkonsultasi tentang keluhan kesehatan, setidaknya dalam kasus penanganan cepat yang tidak memerlukan tindakan medis. Beberapa fitur live chat tidak memungut bayaran, namun ada juga yang berbayar. Kendati ada yang gratis, tetapi para konsultan online tersebut juga membagikan info-info seputar kesehatan dengan penuh konsistensi.

Hampir semua pengelolanya adalah dokter-dokter muda, karena perkembangan internet jaman sekarang lebih diikuti oleh dokter muda dibandingkan dokter senior. Ada dokter umum. Banyak pula dokter spesialis dari berbagai konsentrasi keilmuan. Ada dokter spesialis anak, spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, spesialis bedah mulut, spesialis gizi klinik, hingga spesialis kejiwaan. Umumnya dokter-dokter tersebut akan menyediakan waktu khusus untuk menjawab pertanyaan konsultasi. Seringkali jawaban yang diberikan hanyalah garis besarnya saja.

Konsultasi kesehatan secara online memang masih terkendala sejumlah kode etik. Di mana dokter tidak boleh melakukan diagnosis tanpa melihat langsung kondisi pasien. Demikian pula soal obat. Dokter tidak bisa meresepkan obat tanpa memeriksa penyakitnya terlebih dulu. Untuk mendapatkan diagnosis pasti, pasien tetap harus bertatap muka langsung dengan dokter. Demikian juga halnya dengan peresepan obat, kecuali obat bebas.

[nextpage title=”HaloDoc”]

HaloDoc

HaloDoc merupakan ekosistem layanan kesehatan terpadu bagi penggunanya. Lewat aplikasi ini, akses pasien terhadap layanan kesehatan bisa dipersingkat. Aplikasi ini juga terkoneksi dengan ApotekAntar dan juga laboratorium.

Dalam aplikasi HaloDoc, pengguna bebas memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang bervariasi. Pengguna juga bebas memilih fitur voice, video call, atau chat, untuk berkomunikasi dengan dokter. Di layar akan terlihat dokter yang available atau tengah online . Nama dokter umum ataupun spesialis, masing-masing sudah tercantum tarif konsultasi per menit. Pasien akan diberi pilihan metode pembayaran dengan kartu kredit atau bayar melalui ATM. Setelah itu, pasien bisa langsung konsultasi menggunakan video call dengan dokter pilihannya. Selain video call, pasien bisa juga ngobrol dengan dokternya yang menjadi bagian dari konsultasi. Di profile tiap dokter, kita bisa melihat jadwal konsultasinya. Tagline Halodoc adalah Dokter Anda, Kapan Saja.

Ada sekitar 19.000 dokter dari seluruh Indonesia yang sudah bergabung dalam aplikasi ini, dengan keahlian medis masing-masing. Antara lain andrologi, bedah anak, bedah plastik, akupuntur klinik, dan sebagainya. Setiap dokter yang bergabung sudah memiliki surat tanda registrasi dan juga surat izin praktek. Sehingga kerahasiaan pasien yang berkonsultasi juga dijamin.

Sementara itu, HaloDoc juga menyediakan layanan ApotikAntar dan pengujian Lab. Aplikasi ApotikAntar merupakan platform yang menghubungkan pengguna dengan apotik resmi terdekat dengan layanan antar. HaloDoc bekerjasama dengan lebih dari 1000 gerai kesehatan. Tampilan menu ini mirip marketplace, di mana sudah tertera harga dan ada keranjang belanjaan. Anda bisa mengunggah foto resep juga. Untuk layanan ini, ApotikAntar bekerja sama dengan ojek aplikasi Gojek melalui layanan Go-Med.

Sedangkan aplikasi Lab, dapat memudahkan pengguna untuk memesan jasa tes laboratorium dari laboratorium resmi yang sudah bekerja sama. Untuk pengambilan darah atau sampel urine akan dilakukan di rumah.

[nextpage title=”AloDokter: Chat Bersama Dokter”]

AloDokter: Chat Bersama Dokter

Pertama kali membuka aplikasi ini, Anda akan disajikan beragam pilihan Minat terhadap suatu topik tertentu, antara lain asam urat, depresi, daerah kewanitaan, hidup sehat, dan masih banyak lagi. Centang pada topik kesehatan yang Anda ingin ketahui. Pilihan bisa lebih dari satu.

Ketika masuk Home aplikasinya, mirip seperti aplikasi chat. Pengguna bisa submit pertanyaan dan kemudian dokter terkait bakal memberikan edukasi tentang penyakit, lalu memberikan jawaban spesifik tentang pertanyaan yang dimaksud. Tak perlu meragukan informasi yang diberikan karena dokter yang menjawab sesuai dengan bidangnya masing-masing. Apalagi ada nomor keanggotaan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) juga disematkan di setiap profil dokternya.

Untuk mengirim pertanyaan sangat mudah. Tekan tombol ‘Tanya’ di kanan bawah, lalu Anda akan diberi opsi apakah pertanyaan tersebut untuk diri sendiri atau orang lain. Setelah itu, tulis judul dan isi pertanyaan dengan bahasa penulisan yang dapat mudah dipahami. Tulisan tidak bisa panjang karena ada pembatasan karakter.
Bila ingin bertanya dalam lingkup private, AloDokter juga mempunyai kanal chatting antara pasien dan dokter. Pengguna bisa bertanya apa saja tentang masalah kesehatan dengan dokter terkait. Karena mengikuti jadwal dokter, maka pengguna harus sabar menanti jawaban bila dokter belum merespon. Pengguna bisa melihat apakah dokter sedang online atau tidak.

AloDokter juga memuat menu Daftar Penyakit dan Daftar Obat. Buat Anda yang ingin menambah pengetahuan, tersedia indeks dari A-Z berbagai macam penyakit.

Suka baca-baca artikel dan tips kesehatan? di aplikasi ini juga disediakan. Pada menu Majalah, pegguna akan disajikan artikel-artikel yang membahas tentang kesehatan, mulai dari tips, hoax di dunia kesehatan, kesehatan wanita, dan banyak lainnya. Penulisnya juga para dokter asli, jadi tidak perlu khawatir kalau mereka pakai jasa penulis artikel. Setiap info yang di publish dapat dipercaya kebenarannya karena langsung dari narasumber.

[nextpage title=”Practo”]

Practo

Practo tersedia sebagai aplikasi mobile untuk iOS dan Android, dan juga situs yang dapat diakses melalui komputer. Fungsi utama dari Practo adalah untuk memudahkan pengguna untuk menemukan dokter yang sesuai. Selain itu, Practo juga dapat membantu pengguna untuk membuat temu janji dengan sang dokter. Di Practo, Anda dapat melakukan pencarian dokter dengan menggunakan nama dokter, spesialisasi atau bahkan gejala kesehatan yang diderita.

Practo juga dilengkapi dengan Practo Profile yang memberikan informasi lebih lanjut mengenai dokter yang hendak Anda kunjungi. Di sini, Anda dapat melihat lama pengalaman, kualifikasi, afiliasi dan spesiliasi dari para dokter. Bahkan bisa menemukan foto-foto klinik yang bersangkutan dan mendapatkan koordinat GPS untuk navigasi yang mudah ke lokasi, langsung dalam di dalam aplikasi Practo.

Practo kini terintegrasi dengan Qikwell, untuk memudahkan pelanggan melakukan pemesanan janji dengan dokter di rumah sakit atau klinik. Layanan ini dapat mengurangi waktu tunggu serta pembayaran tidak langsung di rumah sakit. Algoritma membantu sinkronisasi antara pasien, dokter dan staf front office rumah sakit untuk mengurangi waktu tunggu rata-rata lebih cepat. Pengguna cukup memilih area/kota terdekat, pilih dokter, dan atur waktu berkunjung. Tentu saja, waktu berkunjung bakal disesuaikan dengan jadwal praktek dokter di rumah sakit tersebut. Tak hanya mengatur jadwal tatap muka dengan dokter, pengguna juga bisa sekalian memesan layanan mobil Uber sebagai sarana pengantar ke tempat tujuan.

Untuk chatting dengan dokter, Anda tinggal memilih dokter lalu membayar tarif yang tertera di masing-masing profile, kemudian private chat bakal muncul dan bisa diakses selama 24 jam. Seluruh materi pembicaraan sepenuhnya aman dan terjamin kerahasiaannya. Pengguna juga bisa meng-upload rekam jejak kesehatan. Unggah foto riwayat penyakit atau resep obat melaluin akun Practo, lalu bagikan ke dokter-dokter lainnya untuk mendapatkan second opinion.

Di Practo, pengguna tak lagi membutuhkan aplikasi terpisah untuk mengingatkan jadwal minum obat atau rutinitas olahraga. Aplikasi ini bisa menjadi reminder untuk hal-hal semacam itu, baik secara manual maupun otomatis. Atur pengingat berdasarkan hari, waktu, dan frekuensi.

Seperti HaloDoc, Practo juga menyediakan layanan pembelian obat langsung dari dalam aplikasi. Tanpa minimum pembelian.

[nextpage title=”ApaSakitKu”]

ApaSakitKu

ApaSakitku adalah aplikasi lokal Indonesia buatan Smartindo Access, perusahaan TI yang antara lain bergerak di bidang pengembangan sistem manajemen informasi rumah sakit. Layanan ini menyediakan beragam informasi kesehatan yang bisa diakses melalui portal online maupun aplikasi Android.

Keterangan yang ada mencakup berbagai kondisi medis, mulai dari pusing kepala, demam, hingga yang berasal dari faktor eksternal seperti sengatan ubur-ubur. Ada penjelasan yang mendampingi kondisi-kondisi medis tersebut, lengkap dengan cara penanganan pertama dan anjuran untuk segera pergi ke dokter bila muncul gejala tertentu.

ApaSakitku menerapkan sistem deteksi penyakit berdasarkan keluhan atau gejala yang dialami. Pengguna tinggal memilih lokasi di mana gejala/ keluhan apa yang dirasakan, lalu algoritma aplikasi akan menyusuri database untuk menemukan kemungkinan penyakit apa saja yang bisa muncul dengan gejala tersebut. Pengguna bisa memilih salah satu atau lebih gejala yang sesuai dengan kondisi Ia saat itu. ApaSakitku akan menyediakan berbagai kumpulan gejala berdasarkan pilihan pengguna.

Setelah itu, tekan tombol ‘Langkah 3 Lihat Hasil’ untuk melihat hasil diagnosis kemungkinan penyakit. Lanjutkan dengan memilih penyakit untuk melihat informasi lengkap tentang penyakit tersebut.
Selain itu, ApaSakitku turut menyediakan fasilitas konsultasi online dengan dokter melalui sistem chatting. Tim dokter yang mengelola konsultasi dan menyusun database terdiri dari dokter-dokter umum lulusan Universitas Gajah Mada dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Bedanya dari layanan sejenis, ApaSakitku berjanji akan menyimpan rapat-rapat data pribadi dan kesehatan pengguna sesuai dengan etika kerahasiaan pasien. Seperti format pesan teks pada umumnya, tab chatting ini bersifat two-way sehingga keluhan pengguna tidak akan bisa dibaca oleh pengguna lain.

Ada juga aneka artikel kesehatan berikut info soal obat-obatan dan tips diet. Namun kekurangannya, waktu loading deskripsi penyakit (halaman setelah hasil diagnosa gejala) memakan waktu yang cukup lama, belum ditambah dengan gambar penyakit yang seringkali tidak dapat muncul.

[nextpage title=”Doctor Gratis”]

Doctor Gratis

Layanan yang satu ini merupakan buah dari kerjasama Health2i selaku pengembang dengan Microsoft Indonesia sebagai penyedia platform teknologi Azure. Dengan teknologi cloud Microsoft Azure, sehingga dapat menawarkan cara aman bagi pasien saat mengirimkan foto terkait kondisi medis mereka. Foto yang dikirimkan pasien dapat digunakan dokter sebagai dasar untuk mendiagnosis masalah medis dengan lebih akurat dan tepat.

Seperti aplikasi konsultasi dokter online lainnya, Doctor Gratis menyediakan layanan konsultasi dengan dokter secara langsung melalui live chat dan video call (hanya untuk pengguna premium yang membayar biaya langganan). Dengan teleconference, aplikasi ini hadir sebagai upaya para dokter untuk mempermudah pasien mendapatkan jawaban dari pertanyaan dan pertolongan pertama saat terjadi insiden medis dengan cepat. Dengan biaya operasional yang rendah, Health 2i membebankan biaya yang cukup terjangkau pada pasien pengguna aplikasi premium ini.

Aplikasi Doctor Gratis Plus memang dapat diunduh secara cuma-cuma, namun untuk menikmati seluruh layanan di dalamnya, pengguna diwajibkan untuk berlangganan. Biayanya sebesar US$9,95 (sekitar Rp141.000) per bulan atau US$99 (sekitar Rp1,4 juta) per tahun.

Doctor Gratis Plus juga memberikan diskon 20 persen untuk pasien yang telah menjadi anggota. Pembayaran untuk aplikasi ini baru dapat dilakukan via kartu kredit, namun tidak menutup kemungkinan untuk ketersediaan pilihan pembayaran lain di masa mendatang.

Di hari pertama setelah mengunduh, Doctor Gratis memberikan kebebasan fasilitas bagi seluruh penggunanya. Mereka bisa live chat secara gratis sepanjang hari, dengan catatan di waktu luang sang dokter. Di jendela pesan singkat ini, pengguna juga bisa mengirim hasil lab atau catatan resep agar dokter bisa memahami kondisi pasien lebih detail. Bahkan, pelanggan juga bisa mengunggah konten video.
Aplikasi Doctor Gratis sendiri menyediakan delapan topik layanan, yakni kesehatan umum, kesehatan wanita, kesehatan pria, kesehatan bayi, kesehatan anak, kesehatan kehamilan, kesehatan kulit, serta diabetes.

Artikel Terbaru