iOS 10 Sudah Bisa Diunduh Pengguna Indonesia

ios-10Jakarta, Selular.ID – Raksasa teknologi Amerika Apple baru saja merilis versi final dari iOS 10.  Pengguna perangkat Apple di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sudah bisa mengunduh OS terbaru itu secara gratis.

Selain peningkatan di sejumlah fitur yang ada, Apple juga menyediakan fitur baru, serta perubahan pada tampilan aplikasi. Peningkatan di sini termasuk asisten digital Siri yang lebih pintar, iMessage anyar, widget yang lebih baik, desain baru untuk aplikasi Maps, fitur Raise to Wake, dan lain-lain.

Contohnya fitur iMessages yang kini diperkaya dengan berbagai emoji baru, gelembung percakapan yang lebih dinamis, dan fitur untuk menampilkan tautan berisi gambar di dalam percakapan. Selain itu, pengguna juga bisa saling mengirim sticker yang bisa didapatkan melalui App Store.

iOS 10 kompatibel dengan sejumlah produk Apple mulai dari iPhone 5 atau versi lebih baru, iPad generasi 5 atau lebih baru, dan iPod Touch generasi 6. Untuk memeriksanya, Anda bisa masuk ke Settings, General, dan Software Update.

Bagi yang ingin melakukannya sendiri, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni melalui pembaruan over-the-air (OTA) atau menggunakan aplikasi iTunes di PC.

Pada cara pertama, seharusnya pengguna perangkat yang kebagian jatah pembaruan akan mendapatkan notifikasi pop up. Saat pemberitahuan muncul, Anda cukup menyetujui saja, maka pembaruan aplikasi akan diproses.

Jika tidak muncul pop-up, di menu Software Update, cukup pilih “Download”, lalu “Install to upgrade iOS”, kemudian ikuti instruksi yang muncul.

Cara kedua, pengguna harus memasang iTunes terbaru (versi 12.4.3) di komputer. Selanjutnya hubungkan iPad, iPhone, atau iPod Touch ke komputer dan buka iTunes.

Selanjutnya, pengguna akan disambut dengan pop-up yang memberitahu ketersediaan pembaruan sistem operasi ke iOS 10. Cukup klik perintah “Download and Install” untuk langsung memasangnya.

Jika pop-up tersebut tidak muncul, maka klik ikon perangkat Anda pada daftar perangkat iTunes. Kemudian, lanjutkan dengan klik pada tulisan “Check for Update”.

Pengguna akan ditanya apakah bersedia memperbarui sistem operasi ke iOS 10. Jika bersedia dan proses download sudah berjalan, pastikan perangkat tetap terhubung ke komputer, hingga semua proses selesai.

Penting untuk diingat, sebelum Anda memutuskan untuk memperbarui software, Anda harus memastikan jaringan Anda stabil, baterai lebih dari setengah terisi, lapangkan penyimpanan, dan backup data.

Kemungkinan, update akan berlangsung selama beberapa jam, karena server Apple saat ini tengah dipenuhi peminat iOS 10 lain dari seluruh dunia.