Thursday, October 22, 2020
Home News Bekraf Klaim Saat Ini Pengusaha Kreatif Capai 11 Juta

Bekraf Klaim Saat Ini Pengusaha Kreatif Capai 11 Juta

-

Bekraf

Jakarta,Selular.ID – Industri kreatif merupakan salah satu pilar penting dalam membangun ekonomi nasional, karena mampu menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing di era globalisasi, sekaligus juga mensejahterakan masyarakat Indonesia

Triawan Munaf Kepala Kepala Badan Ekonomi Kreatif mengklaim bahwa hingga saat ini pengusaha kreatif mencapai 11 juta, angka ini dikatakan Triawan sudah lebih cukup dan menunjukan bahwa industri kreatif Indonesia dikategorikan sudah maju.

Triawan Munaf berkaca dari teori David C McClellanf seorang teoritisi psikologi asal Amerika Serikat, beliau mengatakan jika 2% dari total jumlah penduduk sudah didukung oleh Entrepreneur maka negara tersebut sudah dikategorikan negara maju.

“Namun memang kualitasnya harus ditingkatkan lagi, karena bagaimana kita mau go publik, kalau di dalam negeri saja produk kita kurang diminati,” ujar Triawan Munaf

Triawan Munaf tidak menapik kalau konsumen Indonesia masih banyak menggunakan produk import ketimbang lokal, dengan pertimbangan kualitas dan desain produk. Padahal menurut beliau ada beberapa produk asal lokal yang tidak kalah dari produk luar, namun tidak banyak wadah yang memfasilitasi karya mereka. Sehingga kurang terekspos.

Melihat itu, Bekraf pun tidak tinggal diam salah satunya adalah program The Big Start Indonesia, lalu ada program memfasilitasi Pendaftaran 1000 Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Program 1000 HKI ini sudah berjalan pada Apil 2016, dan yang banyak mendaftarkan HKI mengenai
hak, merk dan paten dari kreator digital,” ujar Triawan Munaf

Dengan adanya perlindungan HKI tersebut, para pelaku ekonomi kreatif tersebut dijelaskan Triawan Munaf dapat meminimalisir masalah hukum dalam melakukan komersialisasi atas HKI mereka, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk-produk kreatif mereka.

Pendaftaran HKI kepada para pelaku ekonomi kreatif dari 16 subsektor industri kreatif yang ditentukan. Seperti film, musik, kuliner, fotografi, arsitektur, desain komunikasi visual, televisi, radio, hingga bidang penerbitan.

Latest