spot_img
BerandaApps10 Aplikasi Permainan Yogyakarta Terbaik (Bag. 2)

10 Aplikasi Permainan Yogyakarta Terbaik (Bag. 2)

-

Microsoft-YouthSparkJakarta, Selular.ID – Pekan lalu Microsoft menyelenggarakan rangkaian kegiatan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer di Yogyakarta. Acara ini menampilkan 10 aplikasi permainan buatan siswa SMP, SMU , SMK, komunitas edukasi teknologi dan teknopreneur asal Yogyakarta.

Acara ini diakhiri dengan pengumuman aplikasi permainan Robot Gentho. Tim peserta dari SMAN 10 terpilih menjadi pemenang aplikasi permainan terbaik. Pemenang mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Jogja Digital Valley, serta kesempatan bekerja sama dengan pemerintah DI Yogyakarta untuk menerapkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi resmi.

Kami sudah menyuguhkan lima dari sepuluh aplikasi finalis Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer di Yogyakarta, yaitu:
1. Yayasan Titian (The Malware) : Jelajahi Tata Surya
2. SMAN 10 Yogyakarta : Sewidak
3. (D.D – Different Dimensional) : Game Metrolite
4. Youidina : Destinasi Jogja
5. Bross Army : The Disaster

Berikut lima aplikasi lainnya:

6. SMP N 1 Sewon (Jogja Miracle)
Save Me

Game ini dimainkan dalam dua level dengan genre adventure. Pemain akan menggerakkan Kodu dan Cycle pada masing-masing level. Kodu bertugas untuk mengumpulkan sampah yang tersebar di sepanjang jalan kota sehingga harus dibuang pada tempatnya dan Cycle bertugas untuk menjaga hutan Indonesia dari pada penebang liar.

Menariknya, pada level dua pemain harus hati-hati jika ingin mengalahan penebang hutan (Canon) karena jika salah tembak maka pohon yang seharusnya dijaga akan ikut hancur. Tentu nilai edukasi yang ditawarkan sangat jelas terlihat dari misi sosialnya untuk menjaga kebersihan kota dari sampah dan menjaga setiap jengkal hutan di Indonesia agar tidak ditebang secara liar oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

MYS-6Kekurangan dari game ini adalah pergerakan Kodu yang kurang smooth baik untuk kecepatan maupun akselerasinya sehingga pemain akan sedikit kesulitan untuk menggerakkannya. Untungnya dengan gameplay yang dibawa membawa misi sosial untuk menjaga ebersihan dan melindungi hutan menutupi kekurangan tersebut.

Ingin mencoba menjadi orang yang peduli akan kebersihan dan ingin melindung hutanmu agar tetap lestari. Coba mainkan game ini!

7. SMP N 2 Playen (Gunung Kidul)
Pest Plan

Ide yang dibawa adalah seputar pertanian dimana pemain akan menggerakkan karakter Kodu yang berperan sebagai petani dan menjaga agar kebun apelnya tidak habis terserang oleh hama (Octopus). Mengusung genre survival membuat game ini cukup berbeda dengan yang lainnya.

Pemain harus bergerak cepat karena hama-hama yang akan menyerang jumlahnya sangat banyak dan jika apel di kebun tersebut habis, maka permainan selesai. Tidak ada cara lain selain harus mengalahkan hama-hama tersebut dengan menembakkan blip ke arah mereka.

MYS-7Nilai edukasi yang ditawarkan adalah bagaimana proses para petani mempertahankan ladangnya dari serangan hama agar hasil kebun yang ada tetap maksimal. Sayang, kekurangan dari game ini adalah desain map-nya yang kurang rapi dan role kamera yang kurang pas, mungkin lebih cocok dengan tipe kamera first person.

Siap untuk menjaga kebunmu dari serangan hama?

Selanjutnya >>

[nextpage title=”next”]

8. SMK N 2 Sewon (Bernama Berlima)
Rescue Adventure

Game ini dimainkan dalam lima level. Pemain harus menyelesaikan setiap misi pada tiap levelnya untuk bisa lanjut ke level berikutnya. Game ini memiliki campuran genre mulai dari adventure, shooting sampai collecting. Yang paling menarik adalah di level dua dimana pemain bisa melihat bahwa map yang sedang dimainkan adalah gambaran dari pulau-pulau yang ada di Indonesia.
Pemain akan menggerakkan kapal selam untuk menjelajahi kepulauan Indonesia sembari mengumpulkan sampah di lautan dan mendapatkan pengetahuan mengenai biota laut.

Nilai edukasi yang ditawarkan yang paling mencolok adalah di level dua, pemain akan melakukan misi sosial untuk mengumpulkan sampah di lautan Indonesia dan belajar pelajaran sains mengenai biota laut. Kekurangan game ini adalah level terakhir kurang bisa dibilang mantap sebagai penutup terkesan sedikit kosong dibanding level lainnya.

MYS-8Siap menjelajah pulau Indonesia? Hati-hati jangan sampai kapal selammu menabrak daratan pulau jika tidak ingin meledak.

9. SMP 1 Sewon (F9 TEAM)
Selamatkan Teman

Game ini layaknya RPG tapi dengan versi Kodu. Banyak percakapan yang terjadi antara beberapa karakter dan pemain akan menggerakkan karakter Kodu untuk menjawab soal-soal seputar matematika dengan mengambil objek sesuai dengan jawaban yang ada. Jika salah pilih maka nyawa Kodu akan berkurang demi menyelamatkan temannya.

Menariknya, desain map yang dibuat dalam bentuk lambang negara Indonesia, yakni Garuda Pancasila lengkap dengan tulisan Bhineka Tunggal Ika. Tentu pihak developer selain ingin mengenalkan pelajaran matematika juga ingin mengingatkan pentingnya nilai persatuan untuk diterapkan dalam kehidupan ini.

MYS-9Sayang, beberapa pertanyaan belum selesai diprogram sehingga kurang memaksimalkan alur dari pertanyaan yang ada. But it’s worth to play.

Yuk, belajar matematika dengan bermain game. Hehe.

10. SMP N 12 (Voxpayana Digital Production)
Race on Mars

Game ini mengusung genre racing. Pemain akan menggerakkan karakter rover, robot khusus yang didesain untuk menjelajah planet Mars dan melawan robot lainnya untuk mencari koin emas guna lanjut ke level berikutnya.

Nilai edukasi yang ditawarkan adalah pengenalan geografi dalam penjelajahan planet Mars dengan balapan menggunakan rover, robot ciptaan NASA. Sayang, beberapa karakter musuh terlalu gampang untuk dikalahkan dan desain map kedua dimana pergerakkan rover terlalu lambat kecepatannya.

MYS-10Siap menjelajah planet Mars dengan balapan? Hati-hati jangan sampai menabrak jebakan mine jika tidak ingin meledak.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru