Monday, July 13, 2020
Home Headline Ada Tiga Unsur yang Wajib Dipenuhi Untuk Bikin Data Center

Ada Tiga Unsur yang Wajib Dipenuhi Untuk Bikin Data Center

-

image

Jakarta, Selular.ID – Rencana pemerintah untuk merancang e-commerce roadmap untuk alasan keamanan, menyebabkan kebutuhan data center diberbagai sektor industri terus meningkat. Hal ini jelas menciptakan peluang baru bagi penyedia teknologi data center di Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan bisnis mulai dari sektor swasta maupun publik, bank dan perusahaan asuransi hingga perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan internet, seluruhnya memiliki infrastruktur dan informasi penting yang tersimpan di data center. Seluruh kegiataan seperti mengumpulkan, menyimpan dan mengelola data membutuhkan keandalan operasi yang maksimal.

Sutrisno Sutedjo Manager of Control Technologies ABB Indonesia menuturkan, untuk membangun data center yang handal dan efisien para penyedia teknologi diharuskan memenuhi 3 komponen utama. “Kalau tiga unsur ini terpenuhi maka data center akan berjalan dengan baik dan mampu meminimalisir ganguan,” ujar Sutrisno di Jakarta (31/03/16)

Tiga unsur itu menurut Sutrisno adalah meliputi sistim informasi dan teknologi (IT), perlengkapan fasilitas, dan sistem perlistrikan.  Sutrisno menegaskan kekuataan atau kecanggihan sistem IT tidak akan berdampak banyak apabila sistem perlistrikan tidak memadai.

“Selain suhu yang harus stabil, listrik pun harus stabil. Karena jika listrik tidak stabil maka data center akan putus-putus atau mati ini yang tidak boleh terjadi di data center,” papar Sutrisno.

Selama  beberapa tahun terakhir, ABB telah terlibat dalam pembangunan data center untuk semua penyedia teknologi data center di Indonesia, dan sejauh ini ABB bisa memiliki ketiga unsur untuk memenuhi kebutuhan data center yang ada.

Secara global ABB telah memasang data center dengan arus searah (DC), tepatnya fasilitas Green data center Zurich West Swiss. Data center ini memperoleh penghargaan Watt d’Or di Eropa. Untuk di Indonesia ABB membantu memenuhi kebutuhan data center Telkomsigma, Multipolar Technology dan Telkomsel.

Latest