Friday, February 21, 2020
Home Headline Selular TV Bagi-bagi Tips Bikin Video Keren di Ngobral Universitas Trilogi

Selular TV Bagi-bagi Tips Bikin Video Keren di Ngobral Universitas Trilogi

-

IMG-20160114-WA0022Jakarta, Selular.ID – Saat ini, membuat video blogging bukan lagi menjadi hal yang sulit bagi sebagian blogger. Namun tak sedikit diantaranya, masih kebingungan cara memulai dan mengeditnya hingga menjadi video yang menarik.

Dalam acara Ngobral (Ngobrol Bareng Selular) keempat yang digelar hari ini (14/1/2016), di Universitas Trilogi, Jakarta, Didi Sulistyo selaku Content Producer Selular TV, tidak hanya memberikan penjelasan mengenai video blogging, namun juga teknik dan persiapan yang harus dilakukan saat membuat video.

Didi menjelaskan hal-hal yg perlu diperhatikan dalam membuat video antara lain kemasan video, bumper, dan sisipan teks. “Membuat video lebih baik dengan resolusi HD (high definition). Setelah selesai (merekam), kasih bumper untuk tanda pengenal,” tutur pria lulusan universitas di daerah Margonda tersebut.

Lebih lanjut, Didi juga menguraikan beberapa alasan mengapa perlu membagikan video di social media berbasis konten video, terutama YouTube:
1. Tidak perlu khawatir terhadap server yang dipunya, terlebih saat konten video kita banyak ditonton netizen.
2. Variatif menerima format video
3. Playback yang fleksibel dengan bandwith masing-masing operator. “Kalau bandwith rendah, maka resolusi akan diturunkan. Bila internetnya maksimal, maka akan putar video tanpa buffering,” kata Didi
4. Leluasa dalam berkreasi
5. Fasilitas editing mulai dari memotong, memberikan transisi, sampai musik latar
6. Mudah berbagi. “Jangan lupa keyword untuk memudahkan orang mencari konten buatan kita,” jelasnya.

Sementara itu, dari sisi peralatan, hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain:
1. Kamera. Menurut Didi, bila sebelumnya alat rekam video tergantung pada kamera besar, nah berkat kemajuan teknologi sekarang kita bisa memulainya dari smartphone
2. Kualitas audio. Pastikan ada mic tambahan atau clip-on untuk input suara yang jelas tanpa bising. “Jangan sampai kita rekam video sudah bagus, tapi suara yang terdengar malah kereta lewat,” tutur Didi seraya tertawa.
3. Lighting. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi saat kurang pencahayaan.
4. Editing. Tak perlu PC mahal atau generasi terbaru, melainkan sudah bisa pake laptop.

Selain pentingnya persiapan, Didi juga menekankan bahwa seorang video blogger juga harus memerhatikan hal-hal yang dihindari dalam membuat video, seperti video berbau kekerasan, menjiplak, dan pelanggaran hak cipta yang biasanya pada konten musik.

Latest