Menemukan Banjir di Jakarta, Jangan Lupa Lapor ke Twitter dan PetaJakarta

IMG_20151215_112911Jakarta,Selular.ID – Musim penghujan telah tiba, dan biasanya jika sudah sering datang hujan maka banjir pun akan menghampiri wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dalam menangani banjir dan memberikan informasi seputar banjir, Twitter Indonesia bersama Smart Infratructure Facility dari Universitas Wollongong Australia dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menghimbau warga Jakarta untuk aktif terlibat melaporkan banjir melalui Twitter dan PetaJakarta. PetaJakarta sendiri kini hadir versi 2.0.

Thomas Holderness Co-Director PetaJakarta menuturkan bahwa PetaJakarta 2.0 merupakan platform gratis dan bersifat open source sebagai geo-social intelligence engineering yang mampu mengubah twett dengan geo-tag menjadi data penting yang digunakan penduduk Indonesia dan pemerintah untuk melakukan identifikasi, navigasi serta memberi respon lebih cepat terhadap bencana banjir di setiap sudut Jakarta dengan lebih detail.

“Jutaan pengguna Twitter di Jakarta dapat berpartisipasi untuk melapotkan #banjir di sekitar mereka melalui perangkat mobile dengan cara yang mudah”,ujar Thomas.

Roy Simangunsong Country Busineas Head Twitter Indonesia menuturkan bahwa sebagai media sosial Twitter hadir sebagai platfom komunikasi realtime yang cukup bermanfaat dalam berbagai kondisi darurat.

Peta jakarta merupakan kolaborasi yang baik antara pemerintah, pihak swasta serta intitusi non profit dalam menggunakan platfom kami sebagai bagian dari public safety.

“Melalui inisiatif ini kami berharap penduduk Jakarta dapat bersiap-siap dalam menghadapi musim banjir, san dapat melakukan hal yang bermanfaat ketika banjir menimpa orang di sekitar kita,” Ujar Roy di Jakarta (15/12/12).

Roy pun menyebutkan 3 langkah untuk melaporkan #banjir, pertama yang dilakukan adalah dengan menyalakan lovation services atau menambahkan geo tag dengan meng klik ikon pin pada saat menulis twett, kemudian tambahkan foto dengan mengklik ikon kamera saat menulia tweet, yang ke tiga kirim Twett ke @petajkt dan @BPBD Jakarta dengan menggunakan tagar #banjir disertai keterangan singkat mengenai situasi banjir yang terjadi.