Wednesday, October 21, 2020
Home News Hasil Test Uji Jaringan TruBEx Telkomsel di Makassar

Hasil Test Uji Jaringan TruBEx Telkomsel di Makassar

-

City of Makasar
City of Makasar

Makassar, Selular.ID – Setelah medan, Selular.ID melanjutkan perjalanan ke Makassar guna melakukan pengujian pada jaringan Telkomsel pasca optimalisasi yang dilakukan melalui program TruBEx (True Broadband Experience).

Di Makasar sendiri, Tellkomsel tidak hanya melakukan optimalisasi pada jaringan 3G, beberapa spot POI (Point Of Interest) Makassar bahkan sudah ditemukan jaringan 4G/LTE yang diklaim memiliki kecepatan internet cepat.

Lokasi pertama pengujian jaringan yang kami lakukan adalah Bandara Hasanudin Makassar pada pagi hari sekitar jam 08.36 WITA. Dilokasi ini Telkomsel telah menyiapkan jaringan 4G/LTE. Dengan jaringan ini kami mendapatkan angka pada kecepatan download 33.44 Mbps dan kecepatan upload 9.35 Mbps.

Bandara-Hasanudin-Makasar
Bandara Internasional Hasanudin Makassar

Lokasi selanjutnya kami langsung menuju ke Mall Ratu Indah pada jam 16.00 WITA. Disalah satu mall terbesar di Makasar ini, Telkomsel juga sudah menyiapkan jaringan 4G/LTE. Pada lokasi yang berada dijalan Dr. Sam Ratulangi No. 35 ini, pengguna Telkomsel akan mendapatkan kecepatan download 15.10Mbps dan upload 17.11 Mbps.

Mall-Ratu-Indah
Mall Ratu Indah

Setelah puas melakukan pengujian di Mall Ratu Indah, menjelang sore kami bergerak kearah barat menuju lokasi selanjutnya yakni Pantai Losari. Di lokasi landmark kota Makassar ini Telkomsel tetam mengandalkan jaringan 4G/LTE sehingga kecepatannya pun terbilang memuaskan, yakni 4.17 Mbps untuk kecepatan download dan 14.37 Mbps untuk kecepatan upload.

Pantai-losari
Pantai Losari

Pada waktu menjelang malam, kami pun beristirahat di Hotel Grand Clarion. Tidak ketinggalan pada lokasi ini kami pun sempat melakukan uji jaringan pada Hotel bintang empat ini. Dilokasi ini Telkomsel juga menempatkan BTS 4G/LTE untuk mengakomodasi pengguna dalam menggunakan layanan datanya. Pada jam 21.50 kecepatan download didapatkan 16.57 Mbps sedangkan kecepatan upload 9.55 Mbps.

Grand Clarion Hotel
Grand Clarion Hotel

Dari keempat spot yang kami uji, terbukti bahwa semuanya lokasi sudah ter-cover jaringan 4G/LTE. Dengan kecepatan ini, kami dapat melakukan streaming youtube tanpa ada kedala, bahkan tidak ditemukan buferring. Begitu pula saat browsing termasuk upload berita ke Selular.iD.

Dalam melakukan pengujian Selular.ID menggunakan smartphone Asus Zenfone 2 dengan aplikasi Sensorly. Tidak hanya untuk kecepatan download dan upload, aplikasi ini dapat mengukur kecepatan untuk mengakses google, facebook dan youtube.

Latest