Friday, August 23, 2019
Home News Ericsson: Teknologi 5G Membuat Kehidupan Lebih Cerdas

Ericsson: Teknologi 5G Membuat Kehidupan Lebih Cerdas

-

image

Jakarta, Selular.ID – Kendati di Indonesia 4G masih jadi perbincangan yang hangat, namun perusahaan infrastruktur telekomunikasi seperti Ericsson bahkan sudah siap menyambut teknologi 5G yang sudah mulai didengung-dengungkan.

Rustam Effendie, Strategy and Business Development PT Ericsson Indonesia dalam forum media yang digelar Selular Group menyebutkan bahwa tahun 2020 merupakan momen dimana Networked Society akan berkembang secara pesat.

Untuk teknologi 5G, menurut Rustam, Ericsson sudah melangsungkan kerjasama dengan negara Korea dan Jepang untuk implementasi teknologi 5G di kedua negara tersebut.

Nantinya, masyarakat akan mendapatkan keuntungan maksimum dari penggunaan teknologi selular, tak hanya lewat smartphone, namun perangkat canggih lainnya yang dapat menggunakan akses koneksi, khususnya 5G.

“Teknologi 5G tidak hanya unggul kecepatannya, melainkan juga lebih cerdas. Membuat kehidupan manusia lebih baik karena setiap perangkat akan dapat saling ‘berbicara’ satu sama lain,”ujar Rustam.

Salah satu prediksi terkuat Ericsson adalah, nantinya teknologi 5G akan bisa diimplementasikan ke kendaraan roda empat alias mobil. Fungsionalitas koneksi 5G yang akan disematkan ke kendaraan mobil pintar tersebut dapat memungkinkan penggunanya untuk menikmati akses koneksi lewat aplikasi untuk berbagi informasi, entertainment, bahkan untuk mengungkap informasi lalu lintas secara real time.

Rustam menambahkan, di tahun 2020 nanti selain berfokus ke pengembangan 5G, jumlah connected devices mobile broadband dipastikan akan bertambah, bahkan konsumsi dan produksi video streaming akan bertambah sebanyak 13 kali, dan untuk teknologi 5G Ericsson pun akan siap untuk infrastrukturnya.

Latest