Sunday, May 26, 2019
Home News Pertumbuhan Ekosistem Digital Tergantung Pada Performa Jaringan

Pertumbuhan Ekosistem Digital Tergantung Pada Performa Jaringan

-

unnamedJakarta, Selular.ID – Maraknya penggunaan internet mendorong dependensi terhadap data menjadi sangat besar. Buntutnya, kekuatan jaringan menjadi tantangan bagi pelaku telekomunikasi, baik operator maupun vendor jaringan, untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Bicara jaringan, tentu sangat erat hubungannya dengan coverage dan speed. Rustam Effendie, Strategic and Business Development Director Ericsson Indonesia, menjelaskan bahwa ada perbedaan pengertian ‘coverage’ (jangkauan jaringan) saat ini dengan masa sebelum internet masuk.

“Dulu, coverage akan menentukan orang bisa telepon atau tidak, nah kalau sekarang berkaitan dengan orang bisa menyalakan aplikasi apa di suatu tempat yang disebut app coverage,” kata Rustam, di sela-sela acara Selular Forum, hari ini (10/9/2015).

Aplikasi akan tumbuh menjadi satu ekosistem digital yang bisa mempengaruhi ekonomi bangsa ini, untuk mensiasati antara masalah fiskal dengan kemajuan industri. “Apps adalah the new business models. Performance membuka kesempatan besar karena aplikasi tergantung pada performa jaringan,” tambahnya.

Dengan tren performa jaringan yang kian membaik, generasi LTE dan 5G digadang-gadang bakal menjadi teknologi yang memungkinkan perkembangan pesat ekosistem digital. “Makanya, jangan kita jangan hambat ekosistemnya,” tutup Rustam.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest