Wednesday, September 18, 2019
Home News Telco XL Siapkan Kapasitas 12Ribu M2 untuk Bersaing di Data Center

XL Siapkan Kapasitas 12Ribu M2 untuk Bersaing di Data Center

-

Media update XL Data Center (Foto: Indra/Selular.ID)
Media update XL Data Center (Foto: Indra/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan akan layanan transaksi elektronik dan komputasi awan bagi dunia bisnis belakangan ini makin tinggi. Melihat peluang tersebut XL berusaha mengambil porsinya dengan menyediakan layanan data center.

Untuk bersaing di layanan ini XL telah menyediakan data center dengan kapasitas seluas 12 ribuan meter persegi di atas lahan lebih dari 19 ribuan Meter persegi dengan lebih dari 2.300 rak yang telah disiapkan.

Yessie D Yosetya, Chief Digital Service Officer XL menyampaikan masuknya XL ke dalam bisnis ini sejak 2,5 tahun lalu karena peluang bisnis di layanan cloud dan data center ini masih sangat besar. “Saat ini masih banyak korporasi di Indonesia yang menggunakan data center di luar negeri seperti di Singapura,” jelasnya. Hal ini menurut Yessi sangat disayangkan karena banyak outgoing trafik keluar yang ada dan otomatis pendapatannya juga akan lari ke negara lain.

Selain itu menurut Yessie, layanan ini juga membantu upaya pemerintah yang mewajibkan perusahaan asing untuk mempunyai data center di Indonesia seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No.82 tahun 2012. “Perusahaan tersebut bisa memanfaatkan data center yang kami miliki ketimbang mereka membangun sendiri yang tentunya akan membutuhkan biaya yang besar,” ungkapnya.

Data center yang dimiliki XL disampaikan Yessie saat ini sudah berstatus sebagai neutral data center, yang memungkinkan pengguna bisa menggunakan koneksi selain yang dimiliki XL.

Selain itu, sejak akhir kuartal pertama 2015, data center XL telah mendapatkan sertifikat internasional yaitu ISO 27001 untuk informatio security management, ISO 20000-1 untuk information technology services management serta sertifikat TIER III design dari Uptime Institute, Amerika Serikat.

Saat ini XL memiliki tiga data center yang berlokasi di Surabaya, Jakarta dan Pekanbaru. Semua data center tersebut menurut Yessie merupakan pusat data dimana layanan komputasi awan, collocation dan Disaster Recover Center (DRC) berada. (bda)

Latest