
Jakarta, Selular.ID – Hampir dua bulan dirilis, tiga model Android One series gubahan Evercoss, Nexian, dan Mito melenggang di pasar tanah air. Lalu siapakah yang paling laris di antara Evercoss One X, Nexian Journey One, dan Mito Impact?
Diluncurkan hampir bersamaan, yakni minggu pertama Februari 2015, Evercoss mengklaim telah menjual 3.000 unit One X dalam satu hari penjualan. Seminggu berselang, Nexian mengumumkan berhasil menjual 8.000 unit Jouney One. Sementara Mito, dalam pres rilis yang diterima redaksi Selular.ID, menerangkan bahwa Mito Impact telah terjual 5.000 unit dalam waktu satu bulan.
Data terbaru menyebutkan bahwa Nexian merajai pasar Android One tanah air. David Kartono, CEO Selular Group, pemilik brand Nexian, mengklaim telah menjual lebih dari 30 ribu unit Nexian Journey One dalam satu bulan penjualan. Dan saat ini, lanjut David, Nexian menguasai 54 persen pangsa pasar Android One di tanah air.
Angka tersebut membuktikan Nexian sebagai produsen perangkat Android One terlaris dari dua rivalnya, Mito dan Evercoss. Hanya saja, klaim perusahaan itu mengacu pada hasil polling yang dilakukan salah satu pengguna website di situs kaskus yang diadakan pada tanggal 6 Februari silam, berjudul “POLLING ANDROID ONE DEVICE”. Sayangnya, ketika kami telusuri, halaman tersebut sudah dihapus.
Lalu apakah benar Nexian Journey merupakan perangkat Android One terlaris di Indonesia? Ditinjau dari angka penjualan yang ditorehkan, memang cukup mengagumkan. Namun pihak kompetitor yakni Evercoss dan Mito belum memberikan laporan resmi hasil penjualannya. Selular.ID berusaha menghubungi kedua vendor tersebut, namun masih belum mendapat jawaban. Sehingga klaim yang disebutkan Nexian masih belum bisa dibuktikan kesahihannya. (bda)