Khiko Rayesmara, di kantor representatif Daum Kakao di Jakarta (foto: Choi/Selular.ID)
Khiko Rayesmara, di kantor representatif Daum Kakao di Jakarta (foto: Choi/Selular.ID)
Khiko Rayesmara, di kantor representatif Daum Kakao di Jakarta (foto: Choi/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Selama dua tahun hadir di Indonesia, aplikasi perpesanan online Kakao Talk mengalami getir persaingan cukup kuat dari berbagai layanan serupa, semisal WhatsApp, LINE, BlackBerry Messenger, dan WeChat. Meski terbilang newbie, namun aplikasi besutan perusahaan Daum Kakao ini bakal memberikan fitur-fitur unggulan bagi pengguna loyal di Tanah Air. Fasilitas yang selama ini ada di Kakao Talk antara lain Plus Friend, voice call, digital item, emoticon lucu dan menggemaskan, game center, dan masih banyak lagi.

Dari segudang hal menarik, Khiko Resyamara, Marketing Manager Daum Kakao Indonesia, menjelaskan bahwa Voice call merupakan fitur favorit yang banyak dipakai oleh user. Padahal, semula ia menduga bahwa pengguna akan lebih suka Sticker.

“Ini karena Free Call suaranya lebih jernih dan tak pernah terputus-putus alias stabil,” klaim pria berkacamata tersebut kepada Selular.ID. Mengingat kebiasaan pengguna Indonesia dalam melakukan panggilan suara masih tinggi, maka kasus ini masih dianggap wajar. Terlebih, setiap orang suka hal-hal berbau gratis, termasuk telepon.
(Baca juga: Daum Kakao Punya Strategi Khusus di Indonesia)

Sampai saat ini, penguna terdaftar aplikasi Kakao Talk di Indonesia sudah mencapai sekitar 18 juta orang. Pangsa pasar Tanah Air menyumbang 10 persen dari keseluruhan pengguna secara global, yang sudah mengantongi 170 juta orang. Meski tak mau menyebut angka pasti, Daum Kakao berharap akan ada peningkatan jumlah pengguna seiring perbaikan dan perubahan positif yang terus dilakukan. “Kami akan bawa services yang lebih banyak lagi ke sini nanti. Wait and see,” janji Kikho. (bda)