Sunday, June 7, 2020
Home News Geram Dijiplak, Oppo Akan Usut Polaroid

Geram Dijiplak, Oppo Akan Usut Polaroid

-

Komparasi Oppo N1 dan Polaroid Selfie (sumber AndroidCommunity)
Komparasi Oppo N1 dan Polaroid Selfie (sumber AndroidCommunity)

Jakarta, Selular.ID – Saat berkunjung ke kios penjaja ponsel, kita kerap menemukan ponsel yang meniru desain produk dan teknologi asli besutan negera barat. Namun kali ini terbalik, merek ponsel asal Tiongkok, Oppo, mengaku telah ditiru oleh produsen asal Amerika, Polaroid. Menanggapi hal tersebut, Oppo menyampaikan akan mengambil langkah serius.

Selain soal desain yang dicontek, Jet Lee, CEO Oppo Indonesia juga mengungkapkan kekesalan atas produk-produk replika yang beredar di pasar. Saat ini tim pusat Oppo sedang mengumpulkan bukti-bukti dan mengusut asal dari produk-produk palsu tersebut.

Melalui siaran pers yang diterima Selular.ID (4/3/2015), Jet menuturkan bahwa apabila hal ini dibiarkan, produk replika akan merugikan banyak pihak. Menurutnya, calon konsumen yang tertipu akan kualitas barang rendah dengan mencantumkan merek Oppo adalah pihak yang paling dirugikan.

Lebih lanjut Jet Lee mengatakan perusahaan tidak hanya akan mengusut produk-produk yang memiliki kesamaan dari sisi desain saja, namun juga melangkah untuk produsen-produsen yang melanggar hak paten atas teknologi yang dimiliki Oppo.

Seperti yang diketahui, produsen perangkat teknologi asal Amerika, Polaroid, baru saja merilis ponsel cerdas, Selfie, yang diklaim Oppo memiliki kesamaan desain dan mekanisme berputar yang dimiliki Oppo N1. Bukan hanya Polaroid, Oppo juga menemukan beberapa produsen lain yang mereplika produknya. Bukan hanya di pasar Indonesia, tapi juga di Malaysia dan Pakistan.

“Seperti pada mekanisme kamera berputar, kami menemukan indikasi produsen yang mulai meniru paten kami dalam teknologi pengisian daya VOOC Flash Charge,“ tambah Jet.

akun media sosial CEO Oppo
Akun media sosial CEO Oppo

Oppo sedang menyelidiki kemungkinan produsen lain yang melakukan klaim akan teknologi yang merupakan inovasi Oppo. Hal ini terkait sikap Oppo yang sangat menghargai property intelektual right pada setiap produk baik itu melalui sisi desain maupun inovasi. Apalagi, dalam mengembangkan satu inovasi saja, misalnya pada VOOC, Oppo memiliki 16 hak paten di dalamnya. (bda)

TERBARU

Perluas Bisnis, WhatsApp Buka Lowongan Kerja di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Facebook terus melirik pasar Indonesia. Kali ini, platform perpesanan WhatsApp dilaporkan...

Peluncuran iPhone 12 Akan Ditunda

Jakarta, Selular.ID - Usai banyaknya prediksi waktu peluncuran iPhone 12 yang beredar, Apple rupanya...

Samsung Galaxy Note 20 Bakal Dirilis Agustus Tahun ini?

Jakarta, Selular.ID - Meskipun situasi pandemi Covid-19 tak kunjung usai, Samsung dilaporkan bakal tetap...

Latest