SHARE
Ilustrasi Huawei Nexus, credit: gsmarena
Ilustrasi Huawei Nexus, credit: gsmarena

Jakarta, Selular.ID – Google suka-suka dalam menentukan rekanan vendor untuk memproduksi smartphone Nexus. Deretan perusahaan ponsel yang pernah digandengnya antara lain HTC, Samsung, Motorola, Asus, dan LG. Untuk seri selanjutnya, raksasa teknologi yang bermarkas di Mountain View, California, tersebut dikabarkan bakal menunjuk mitra baru yang mempesona pasar berkat produk Ascend tipis. Siapa lagi kalau bukan Huawei.

Menurut seliweran rumor, Google dan Huawei bahkan sudah menandatangani kerja sama untuk membuat Nexus generasi terbaru. Bila ini benar, ini pertama kalinya keluarga Nexus dibuat oleh produsen asal Tiongkok.

Mungkin keputusan Google mempercayakan produksi Nexus kepada Huawei bukan hanya bualan saja. Kevin Yang, Director of China Research di iSuppli, membocorkan informasi ini akun Weibo miliknya bahwa Huawei memang dipilih oleh Google sebagai salah satu pembuat smartphone Nexus berikutnya. iSuppli merupakan salah satu perusahaan analisis mobile yang terbesar perusahaan di Tiongkok.

Sesuai tradisi seri terakhir, Google mungkin akan menyerahkan tugas produksi Nexus mendatang kepada dua perusahaan. Nexus high-end akan diemban oleh LG, sementara versi yang lebih rendah bakal dipegang Huawei. Sebelumnya, Nexus 6 dan Nexus 9 diproduksi oleh dua perusahaan sekaligus, yakni Motorola Mobillity dan HTC.

Jika Huawei benar-benar memproduksi Nexus, maka proyek ini akan mengangkat citra chipset proprietary Kirin ke posisi yang baik di mata developer. (bda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here