Sunday, July 12, 2020
Home Apps Dr. Safety: Melindungi Smartphone dari "Begal" Digital

Dr. Safety: Melindungi Smartphone dari “Begal” Digital

-

Aplikasi Dr. Safety dari Trend Micro
Aplikasi Dr. Safety dari Trend Micro

Beberapa waktu yang lalu, kita dihebohkan dengan aksi kejahatan yang dilakukan para begal. Tindakannya yang kriminal meresahkan masyarakat. Di dunia maya, aksi begal pun semakin marak. Para penjahat cyber ini tak segan-segan mencuri data penting hingga merusak perangkat yang kita miliki.

Jika menengok ke belakang, di sepanjang tahun 2014 kemarin saja ditandai dengan merajalelanya aksi pembobolan, munculnya berbagai vulnerability yang sulit ditambal, serta merebaknya serangan bawah tanah yang dilancarkan oleh para cybercriminals untuk mengobrak-abrik sendi-sendi ekonomi konsumen.

Dalam Laporan Ikhtisar Keamanan yang disampaikan TrendLabs, disebutkan bahwa kejadian-kejadian tersebut seakan menjadi rangkuman akan besarnya ancaman di tahun 2014 yang berkonsekuensi pada kerugian materil hingga milyaran dolar. Serta kerugian-kerugian immateril yang tak ternilai harganya akibat kehilangan data atau tercurinya informasi penting yang sarat akan identitas personal atau personally identifiable information (PII).

Tercatat bahwa data yang berhasil dibobol mencapai 100 TB. Contoh paling fenomenal kasus yang mendera Sony Pictures Entertainment Inc.(SPE) yang menderita kerugian hingga $100 juta. Berapa kalangan bahkan menyebutnya sebagai “kejahatan luar biasa yang terencana dengan amat rapi” dan “kejadian luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Celah-celah kerentanan seperti Heartbleed, Shellshock, dan Poodle juga sempat menyita perhatian publik karena kelihaian mereka dalam menarget pengguna software dan platform sumber terbuka. Kerentanan ini tercatat melanda sekitar 82% dari keseluruhan pengguna Android. Ya, Android memang platform yang dikenal sangat rentan terhadap serangan karena kontrolnya yang relatif lebih lemah dibanding lainnya.

Kejadian demi kejadian tersebut, bukan saja menjadi pelajaran berharga bagi kalangan perusahaan dan pebisnis, namun juga pengguna personal. Hal tersebut membuktikan betapa pentingnya upaya untuk mendeteksi akan adanya potensi ancaman keamanan dan pembobolan data. Salah satu perusahaan teknologi yang conncern terhadap keamanan data adalah Trend Micro. Perusahaan asal Taiwan ini mengembangkan aplikasi Dr. Safety untuk platform Android. Agar bisa melindungi perangkat pengguna dari ancaman privasi, kehilangan, pencurian data, dan virus.

Aplikasi ini memanfaatkan teknologi keamanan berbasis cloud melalui sistem Smart Protection Network dan Mobile App Reputation Service (MARS).  Trend Micro mengklaim Dr. Safety mampu menghentikan ancaman sebelum menghampiri perangkat pengguna. Selular.ID pun tertarik untuk mengetahui seperti apa kemampuan yang ditawarkan dengan meng-install dari Play Store.

Selain segala fitur yang dibawa, faktor penting yang membuat terpikat adalah aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis. Padahal aplikasi security dari kompetitor kebanyakan adalah berbayar. Kalaupun digratiskan, biasanya fiturnya dibatasi dengan konsep freemium. Sehingga harus membayar atau upgrade ke aplikasi premium untuk mendapatkan versi lengkapnya.

Instalasi cukup cepat karena ukuran file yang tidak terlalu besar yakni hanya 11,55 MB sehingga tidak mem bebani memori. Aplikasi ini tergolong populer karena dari badge yang tampil di Play Store, telah diunduh lebih dari 1 juta dengan rating 4,5 yang artinya disukai pengguna.

Pengujian

Splash banner aplikasi Dr. Safety
Aplikasi Dr. Safety

Begitu dijalankan, muncul ikon anjing penjaga yang menatap tajam. Agak aneh juga karena ikonnya tidak sesuai dengan nama aplikasi yang memakai profesi dokter. Tapi ini bukanlah sesuatu yang penting. Setelah itu, aplikasi langsung melakukan scanning cepat. Ada tiga hal yang perlu segera diperbaiki salah satunya adalah privacy media sosial Facebook. Kami pun mengikuti saran tersebut.

rekomendasi-trend-micro

Setelah di-scan, ternyata ada lima concern privasi yang perlu saya ubah pengaturannya sehingga lebih aman sesuai rekomendasi. Solusi yang sangat mudah dan cepat. Karena kalau mengaturnya secara manual di Facebook, pengguna seringkali kebingungan dengan menu yang banyak dan lokasi Setting yang tidak semua orang awam tahu tempatnya. Setelah selesai memperbaiki privasi di media sosial, kita diarahkan kembali ke halaman semula.

Antarmuka aplikasi Dr Safety
Antarmuka aplikasi Dr Safety

Dr. Safety memiliki antarmuka aplikasi yang simpel dan mudah dimengerti. Sayangnya hanya tersedia dalam satu bahasa saja yaitu Inggris. Akan lebih baik lagi jika aplikasi ini dilokalisasi sehingga pengguna yang tidak terlalu mengerti bahasa Inggris bisa lebih nyaman memakainya. Dr. Safety memiliki beberapa fitur utama untuk melindungi pengguna. Baiklah mari kita kupas satu per satu.

Security Threat Scan

dr-safety-security-trheadFitur ini akan memeriksa seluruh aplikasi dan berkas untuk mengecek ada tidaknya ancaman. Pengecekan berdasarkan dengan teknologi cloud berdasarkan data keamanan terbaru di Trend Micro sehingga selalu update.

Privacy Risk Scan

Memperingatkan kita tentang aplikasi yang berpotensi mencuri informasi pribadi. Jika kita menginstall aplikasi baru, maka secara otomatis akan diperiksa untuk risiko privasi saat download. Sebagaimana fitur sebelumnya yaitu Security Thread, pada Privacy Risk Scan ini melakukan scanning dengan teknologi cloud. Sehingga tidak bisa digunakan saat kita tidak terhubung ke internet.

Lost Device Protection

Fitur ini memungkinkan untuk melacak posisi ponsel saat tidak sengaja tertinggal di suatu tempat atau dicuri orang. Untuk mengaktifkan layanan ini, kita harus mendaftar akun Trend Micro yang prosesnya cukup simpel karena hanya diminta memasukkan nama, email dan password. Setelah itu, kita bisa mengujinya dengan masuk ke portal online http://mobilesecurity.trendmicro.com/lostdevice dengan memasukkan email dan password.

Setelah berhasil login, aplikasi langsung berusaha mendeteksi lokasi ponsel. Namun sayangnya dari pengujian, pendeteksian lokasi perangkat tidak berlangsung secara real time. Karena ponsel sedang berada di kantor dan mengujinya juga di kantor, tapi justru yang ditampilkan di peta adalah lokasi saat di sekitar rumah yang jaraknya cukup jauh sekitar 18 km. Padahal GPS dan layanan data di ponsel diaktifkan. Ini bisa menjadi bahan masukan bagi Trend Micro untuk memperbaiki layanannya agar lebih akurat dan real time.

Setelah mendeteksi lokasi, kita bisa melakukan beberapa aksi seperti share lokasi ke Facebook, membunyikan alarm, wipe (menghapus data), ataupun mengunci layar ponsel sehingga sama sekali tidak bisa diakses kecuali dengan memasukkan password akun Trend Micro.

Tampilan Lost Device Protection di Trend Micro
Tampilan Lost Device Protection di Trend Micro

Safe Web Surfing
Fitur selanjutnya adalah Web filtering yang memberikan perlindungan dari URL berbahaya selagi kita browsing. Misalnya situs palsu yang mencoba untuk mencuri informasi Anda. Ada tiga level proteksi yang bisa dipiliha yaitu rendah (yang tidak direkomendasikan), normal dan tinggi. Kita juga bisa memasukkan secara manual situs apa saja yang perlu untuk diblokir.

trend-micro-safe

Call Blocking
Jika mau, kita bisa memblokir panggilan mengganggu dari nomor yang tidak dikenal sehingga otomatis akan menutup sendiri dalam tiga detik. Kita juga bisa memilih nomor tertentu untuk diblokir sehingga tidak bisa dihubungi.

Social Media Privacy Advisor
Inilah fitur yang telah redaksi coba ketika pertama kali menjalankan aplikasi seperti telah diulas di atas. Fitur ini akan memindai pengaturan privasi Facebook akun kita. Menyesuikan pengaturan untuk meningkatkan privasi dan melindungi dari pencurian data. Sayangnya, saat ini fitur ini hanya mendukung untuk layanan Facebook saja. Padahal seharusnya bisa juga memindai pengaturan privasi dari aplikasi media sosial lainnya. Walaupun memang Facebook yang dikenal lebih rawan masalah privasi.

Apps & Games

trend-micro-app-game

Google Play Store memang menyediakan koleksi aplikasi dan game yang paling lengkap. Namun, karena kontrol filter yang rendah, toko aplikasi ini cukup rawan disusupi malware pada aplikasi yang diunggah oleh developer nakal. Trend Micro kemudian berinisiatif melakukan pengujian dari aplikasi dan game Android. Guna memastikan konten tersebut bebas virus atau malware. Aplikasi dan game yang telah disertifikasi dan terbukti aman, bisa diakses dari menu Apps & Game di Dr. Safety. Jika ingin mengunduh aplikasi tertentu, pengguna tetap diarahkan ke Play Store.

[quote_box_center]

icon trend micro dr safetyTechnical Specs:
Name: Dr. Safety
Publisher: Trend Micro
Category: Tools / Security
File size: 11,55 MB
Requirement: Android 2.2 +
Price: Free
Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trendmicro.freetmms.gmobi[/quote_box_center]

Latest