10 August 2013 10:00
Penetrasi smartphone mungkin sudah menghubungkan hampir seluruh manusia yang ada, tapi banyak komunikasi tidak ‘nyambung’ karena faktor bahasa. Tampaknya hambatan itu akan segera berakhir. Google baru saja mengungkap sebuah rencana yang akan mengubah smartphone menjadi “penerjemah universal”, memungkinkan pemiliknya bertutur ke perangkat dalam satu bahasa, sementara orang yang berada di ujung sambungan telepon mendengar dengan bahasa ibu mereka.

Google mengatakan saat ini sedang membangun sebuah perangkat prototipe yang akan menghilangkan kekhawatiran traveler di seluruh dunia soal perbedaan bahasa. Kantor berita The Times melaporkan bahwa wakil presiden Google untuk manajemen produk Android Hugo Barra mengungkapkan bahwa perusahaan sedang dalam tahap awal mengembangkan alat terjemahan “real time”. Barra menegaskan bahwa timnya telah menciptakan “setumpuk prototipe,” menambahkan “setiap minggu kami melihat berapa banyak kemajuan yang kami buat.”

Meski teknologi mungkin baru muncul beberapa tahun lagi, namun eksekutif Google itu mengatakan sistem sudah “hampir sempurna untuk pasangan bahasa tertentu”, seperti bahasa Inggris dan Portugis, dan memiliki “hampir 100% akurasi” di sebuah ruang tanpa tambahan noise. Mikrofon yang kurang bagus atau lingkungan yang bising, masih menimbulkan sejumlah bermasalah. Barra berharap satu hari bisa mengintegrasikan sistem dengan layanan perusahaan Google Now pada perangkat mobile. (Nis)

 

Sumber : http://www.thetimes.co.uk (26/7/2013)