Kemkominfo: Apple Sudah Bisa Jualan iPhone dan iPad 4G di Indonesia

Kemkominfo: Apple Sudah Bisa Jualan iPhone dan iPad 4G di Indonesia

pak-rudi-kominfoJakarta, Selular.ID – Seiring dengan terbitnya surat persetujuan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) kepada Apple dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), maka perusahaan pembesut iPhone dan iPad itu sudah bisa menjual produk 4G mereka di Tanah Air.

Demikian seperti ditegaskan Rudi Hendarwin, dari Direktorat Standar Frekeunsi Radio dan Orbit Satelit, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“(Apple) sudah bisa jualan (smartphone/tablet 4G) seharusnya karena TKDN sudah diurus,” kata Rudi.

Adapun mengenai kapan Apple akan mulai memasukkan produk 4G-nya ke Indonesia, Rudi mengatakan soal ini sudah tinggal dari Apple-nya saja. “Begitu mereka memenuhi TKDN, ya kami mengeluarkan sertifikasi perangkatnya,” tandas Rudi.

Apple seperti diketahui telah memenuhi aturan TKDN dengan memiliki skema investasi dengan mendirikan Innovation Center yang disebut-sebut akan menghabiskan dana USD 44 juta.

Baca Juga:  Apple Bercokol di Posisi Pertama Pasar Wearable Device

Terkait dengan TKDN yang diberikan ke Apple, Kemkominfo akan memantau sejauh mana komitmen yang dijanjikan Apple.

“Betul, yang namanya investasi itu kan butuh waktu. Nanti dari pihak Kemenperin akan berkolaborasi dengan Kominfo kita akan melakukan monitoring evaluasi (per tiga bulan) sejauh mana investasi Apple. Karena ini kan investasinya berakhir pada 27 Juli 2017 hanya satu tahun berlakunya,” tandas Rudi.

Jadi, andaikan pada rentang waktu yang sudah diberikan Apple belum juga bisa memenuhi komitmennya, Kominfo akan menarik kembali TKDN perusahaan tersebut.

URL: http://selular.id/3Gfu6T