Asus Klaim Kuasai 51,7 Persen Pasar Notebook di Indonesia

Asus Klaim Kuasai 51,7 Persen Pasar Notebook di Indonesia

Asus-ZenbookJakarta, Selular.ID – Lembaga riset dunia, IDC telah mengumumkan hasil analisis mereka terhadap pasar perangkat komputasi mobile di Indonesia. Dari laporan per kuartal  berdasarkan data yang berakhir pada bulan Desember 2016 lalu, Asus memperkuat posisi puncak dengan raihan 51,7 persen pasar.

IDC menyebutkan, di kurun waktu tersebut, selisih Asus dengan produsen terbesar kedua di Indonesia telah mencapai sekitar 33 persen. Bahkan jika total market share produsen peringkat kedua digabungkan dengan total market share milik produsen terbesar ketiga dan keempat, penguasaan pasar ASUS di notebook consumer masih lebih besar.

Serupa dengan IDC, lembaga riset GfK juga menyebutkan bahwa pangsa pasar Asus di Indonesia untuk perangkat mobile computing terus menguat. Jika di akhir kuartal ketiga lalu Asus menguasai 35,0 pasar, di akhir kuartal keempat 2016 angkanya mencapai 35,9 persen. Bila dibandingkan pada akhir kuartal keempat 2015, angkanya tumbuh sebesar 2,3 persen.

“Angka-angka yang dirilis oleh dua lembaga riset tersebut menegaskan bahwa upaya ASUS untuk meraih simpati pengguna khususnya perangkat mobile computing mulai membuahkan hasil yang baik,” sebut Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia. “Tetapi tentunya kami tidak akan berpuas diri. Ke depan, ASUS akan menghadirkan semakin banyak varian produk yang dapat menyentuh hati pengguna di Indonesia,” sebutnya.

Baca Juga:  Telkomsel, Asus dan Qualcomm Berkolaborasi Rilis Paket Bundling Smartphone 4G

Sebagai gambaran, IDC menyebutkan, sepanjang tahun 2016 lalu, hampir sekitar 2,2 juta unit notebook dari berbagai segmen terjual di Indonesia. Dari angka tersebut, sebesar 47,07 persen di antaranya merupakan notebook ASUS.

 

Fokus di Segmen Premium

Berbeda dengan kuartal-kuartal sebelumnya, di mana Asus Indonesia fokus untuk memasarkan notebook mainstream, pada tahun 2017 ini ASUS semakin menggeluti segmen premium. Alasannya, segmen yang satu ini merupakan segmen yang sangat potensial untuk digarap karena menawarkan dinamika yang lebih luas dan sangat banyak varian produk yang bisa bermain di dalamnya.

Khusus untuk segmen tersebut, Asus  punya dua varian produk yang ditujukan untuk dua jenis pengguna, dengan segmen-segmen yang berbeda.  Antara lain Asus ZenBook 3 UX390 dan Transformer 3 Pro.

Selain notebook premium, sepanjang 2016 Asus juga memperkuat lini produk gamingnya. Beragam varian, mulai dari 15 inci sampai 17 inci, dari notebook gaming berdesain tipis dan portabel seperti GL502 atau GL752 sampai notebook dengan spesifikasi dan performa monster seperti G752 ataupun GX700 hadir untuk pengguna ultimate gaming atau mereka yang berhubungan dengan multimedia editing.

 

URL: http://selular.id/Qs9kau