
Berkat hal tersebut, negara ini memiliki variasi pengecer/ritel yang tersebar sehingga mendorong Indonesia menjadi pasar e-Commerce terbesar di Asia Tenggara. Pasar e-commerce diperkirakan akan mencapai US$130 juta pada tahun 2020, membuat negara ini pasar terbesar ketiga di Asia, dalam hal e-commerce di belakang China dan India.
“Penetrasi internet yang pesat membuka oppurtunity di sektor e-commerce untuk partnership lebih jauh lagi. E-commerce akan sangat beragam dan dinamis,” ujar Aloysius Arlando, CEO SingEx Holdings, saat pembukaan pameran e2eCommerce Indonesia 2016, di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/11/2016).
Berdasarkan perkembangan pasar dan tren industri saat ini, Aloysius melanjutkan, salah satu faktor yang mendukung pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang konsumtif.
“Inovasi yang cepat dan adopsi teknologi baru, ditambah dengan munculnya daya beli kelas menengah, akan mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia,” katanya.