Google Gunakan Cara ini Untuk “Bersih-bersih” Rating Palsu di Play Store

iTechify-Google-Play-StoreJakarta, Selular.ID – Jumlah rating, review ataupun statistik menjadi salah satu acuan ketika ingin mengunduh aplikasi di Play Store. Dengan jumlah rating yang bagus, aplikasi tersebut bisa dikatakan sudah teruji dan memiliki kualitas yang baik, sehingga pengguna bisa terhindar dari aplikasi “abal-abal”.

Sayang tidak semua statistik maupun rating yang tercantum dalam sebuah aplikasi di Player Store, bersifat asli. Saat ini
banyak aplikasi Android di Play Store yang menggunakan rating palsu, sehingga bisa menarik pengguna agar mau mengunduhnya. Untuk menghidari hal tersebut, Google telah penambahan sistem baru di toko aplikasi andalannya.

Seperti dilaporkan Android Police, saat ini Google telah memasang sistem baru, yang memungkin pihaknya bisa langsung mengenali sebuah lapikasi yang telah menggunakan rating palsu. Cara kerjanya, bila menemukan game atau aplikasi yang menggunakan alat bantu untuk membuat statistik palsu, maka Google Play Store akan langsung menandainya.

Namun akun pengembang dan aplikasinya tidak langsung diblokir. Penanda itu hanya mencegah alat pemalsu statistik bekerja, sehingga aplikasi atau game yang dipasangi tidak mendapat manfaat apa pun.

Jika pengembang aplikasi tersebut nekat untuk terus menjajal alat pemalsu statistik itu, maka Google akan menghapus aplikasi yang dimaksud.

Langkah yang diambil Google ini tentu sangat tepat, pasalnya kendati terlihat sepele sebuah review ataupun rating palsu, bisa
menjerumuskan pengguna untuk memasang aplikasi tersebut. Bisa saja konsumen yang tertipu, mengunduh aplikasi yang sudah disusupi malware oleh pengembangnya.