Gandeng Microsoft, Bukalapak Gelar e-Learning Platform Untuk UMKM

Gandeng Microsoft, Bukalapak Gelar e-Learning Platform Untuk UMKM

Jakarta,Selular.ID – Bukalapak dan Microsoft secara resmi meluncurkan Akademi Jagoan by Bukalapak, sebuah e-learning platform bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan pengelolaan bisnis.

Melalui platform ini, Bukalapak dan Microsoft menyediakan berbagai materi pembelajaran. Mulai dari kemampuan dasar terkait penggunaan komputer, membuat konten digital, hingga tips dan trik mengelola warung serta lapak online agar makin optimal.

Semua materi ini dapat diakses secara gratis oleh lebih dari 17 juta Pelapak dan Mitra Bukalapak, serta semua pelaku usaha di seluruh Indonesia. Dengan mempelajari materi-materi ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat memiliki pemahaman literasi digital yang lebih baik serta keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya. Setiap menyelesaikan suatu materi, mereka juga akan memperoleh sertifikat elektronik dari Bukalapak dan Microsoft.

Presiden Komisaris Bukalapak Bambang Brodjonegoro mengutip data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, saat ini Indonesia memiliki lebih dari 64 juta UMKM yang menyerap kurang lebih 97% tenaga kerja serta berkontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Angka ini menunjukkan potensi yang sangat besar dari UMKM, oleh karena itu kita harus bergotong royong membantu memberdayakan UMKM di tanah air sehingga bisnis mereka dapat terus bertumbuh dan pada akhirnya dapat terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” terang Bambang di acara peluncuran virtual Akademi Jagoan by Bukalapak, Senin (20/12).

Di sisi lain, saat ini masih banyak pelaku usaha yang memiliki literasi digital yang rendah. “Dengan hadirnya platform Akademi Jagoan by Bukalapak, semoga makin banyak pelaku UMKM yang dapat meningkatkan kemampuan digital serta pengembangan bisnisnya,” sambungnya.

Sementara itu, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengungkapkan bahwa saat ini, peran internet dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari kian besar. Kemampuan digital kini pun sudah sama pentingnya dengan kemampuan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung.

“Kami berharap suatu saat, angka literasi digital di Indonesia sama dengan angka literasi kemampuan dasar tersebut, yaitu mendekati 100%. Platform ini hadir untuk memberikan kesempatan pada semua pelaku usaha dan masyarakat luas untuk mempelajari keterampilan digital, dan untuk menaik kelaskan bisnisnya, sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih sejahtera”, sambung Rachmat.

Rachmat berharap melalui Akademi Jagoan Bukalapak dan Microsoft ini dapat merangkul sebanyak mungkin pelaku usaha yang ingin meningkatkan kemampuan digital serta pengelolaan bisnis mereka.