
Jakarta, Selular.ID – Rakuten hari ini merayakan ulang tahunnya yang keempat dengan menyelenggarakan Rakuten EXPO 2015. Pada kesempatan itu, Masatada Kobayashi, CEO Rakuten Asia Pte. Ltd, memberikan Penghargaan Shop of the Year (SOY) bagi 10 merchant terbaik dari 8 kategori.
Kategori itu termasuk Penghargaan Grand Prix, Penghargaan Best in Electronics, Penghargaan Best in Fashion, Penghargaan Best in Food, Penghargaan Best in Hobby, Penghargaan Best in Home Life, Penghargaan Best in Newcomer dan Penghargaan Best in Omotenashi. Pemenang pertama Penghargaan Grand Prix berhak untuk mengikuti SOY Trip, sebuah acara networking yang didedikasikan untuk merchant terbaik Rakuten, di Amerika Serikat.
Penghargaan SOY dirancang untuk memberikan penghargaan atas keberhasilan merchant dalam mengelola bisnis mereka di Rakuten sepanjang tahun. Penilaian ini didasarkan pada kinerja toko dalam satu tahun, termasuk jumlah pesanan, layanan pelanggan, dan penjualan.
Pemenang Rakuten Shop of the Year 2014 adalah sebagai berikut:
1. Pemenang Pertama Grand Prix: A1Toys
Didirikan tahun 2011, A1Toys dimiliki oleh seorang wanita bernama Lisa. Hingga saat ini, A1Toys telah memiliki lebih dari 800 variasi boneka, sama seperti yang ada di pusat perbelanjaan. Sejarah dan kesuksesan Rakuten dalam bisnis e-commerce menjadi alasan utamanya bergabung dengan RBO. Ketika ditanya tentang rencananya di masa depan, Lisa mengatakan, “Saya berharap dapat menambah lebih banyak produk, hingga 2.000 variasi untuk A1Toys.” Salah satu tips keberhasilan menjual di Rakuten adalah dengan menempatkan produknya dalam slot iklan RBO serta sering memberikan promo menarik.
2. Penghargaan ke-2 Grand Prix: Transgadget
Sejak didirikan pada Februari 2013, Transgadget fokus untuk menjual perangkat teknologi terbaru, termasuk smartphone, modem, dan bahkan konsol game. Pada akhir tahun 2013, Lina Suyenti, sang pemilik, memutuskan untuk bergabung dengan Rakuten karena sistem e-commerce, konsultan, dan banyaknya channel. “Tetapi bahkan dengan segala keunggulan tersebut, pedagang juga harus proaktif dalam menjalankan bisnis mereka sendiri. Sering berkomunikasi dengan ECC (E-Commerce Konsultan) dan pelanggan adalah kuncinya, selain terus mengirimkan newsletter produk terbaru serta memberikan penawaran khusus. ”
3. Penghargaan ke-3 Grand Prix : Universe
Dimiliki oleh Efendi Johnson, Universe telah berjalan sejak tahun 2005. Dengan pengalaman hampir satu dekade, Universe selalu melakukan diferensiasi dengan sering memperbarui produk gadget dengan tetap menawarkan harga yang kompetitif. Tren e-commerce di Indonesia menjadi salah satu alasan Efendi membuka tokonya di RBO pada 2012. Apakah kunci kesuksesan mereka dalam penjualan online? “Selalu menjaga kualitas setiap produk-untuk Universe, itu berarti hanya menjual produk asli dengan garansi resmi, serta aktif berkomunikasi dengan ECC.”
4. Penghargaan Best in Electronics: Transgadget
5. Penghargaan Best in Fashion: Lennic
6. Penghargaan Best in Food: Warungdepok
7. Penghargaan Best in Hobby: A1Toys
8. Penghargaan Best in Home Life: Funika
9. Penghargaan Best in Newcomer: Antasari Computer
10. Penghargaan Best in Omotenashi: Original Organizer