Sabtu, 20 Juli 2024
Selular.ID -

Dokter Bedah di AS Sebut Media Sosial Seperti Rokok

BACA JUGA

Selular.ID – Ahli Bedah Umum AS, Vivek Murthy, mengatakan bahwa media sosial harus dilengkapi dengan label peringatan mengenai potensi dampak kesehatannya, sama seperti peringatan terhadap rokok dan produk tembakau lainnya.

Dikutip dalam sebuah opini di The New York Times, Murthy mengatakan bahwa media sosial adalah kontributor penting terhadap krisis kesehatan mental remaja.

“Sudah waktunya untuk mewajibkan label peringatan dokter bedah umum di platform media sosial, yang menyatakan bahwa media sosial dikaitkan dengan bahaya kesehatan mental yang signifikan bagi remaja,” tulis Murthy.

“Label peringatan dari dokter bedah umum, yang memerlukan tindakan kongres, akan selalu mengingatkan orang tua dan remaja bahwa media sosial belum terbukti aman.” tambahnya.

Di tahun lalu, ia juga pernah mengeluarkan sebuah nasihat yang memberikan argumen serupa, yang mengatakan bahwa media sosial menimbulkan risiko besar terhadap kesehatan mental remaja.

Dalam opini terbarunya, Murthy mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kecemasan dan depresi, serta survei yang menyatakan hampir separuh remaja melaporkan bahwa media sosial membuat mereka merasa lebih buruk terhadap tubuh mereka.

Seperti yang dicatat Murthy, label peringatan tidak akan terwujud tanpa kerja sama dari berbagai pihak. Namun masih belum jelas dukungan seperti apa yang mungkin dia berikan terhadap tindakan tersebut, meskipun anggota pemerintah di seluruh negeri telah menunjukkan beberapa dukungan untuk hal-hal seperti undang-undang verifikasi usia ketika mereka berupaya untuk menindak media sosial atas masalah keselamatan remaja.

Ia juga menekankan bahwa label peringatan saja tidak akan membuat media sosial lebih aman, namun akan membantu memberikan informasi yang lebih baik kepada orang tua, sekolah, dokter, dan pihak lainnya.

Baca juga : Survei Pengguna Meta Indonesia: Media Sosial sebagai Ruang Menyuarakan Isu Sosial

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU