Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

Bitcoin Bersiap Bullish Menutup Bulan Mei, Pertama Kali dalam 3 Tahun Terakhir!

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Selain merayakan Bitcoin Pizza Day setiap tanggal 22 Mei, minggu lalu telah terjadi keputusan penting lainnya dalam industri Aset Kripto dari SEC setelah persetujuan ETF Bitcoin pada Januari 2024.

Setelah menunda tenggat waktu selama berbulan-bulan, SEC pada akhirnya telah menyetujui semua aplikasi spot Ethereum ETF di AS.

Pada 23 Mei 2024, SEC menyetujui pengajuan 8 aplikasi ETF Ethereum spot dari VanEck, BlackRock, Fidelity, Grayscale, Franklin Templeton, ARK 21Shares, Invesco Galaxy, dan Bitwise.

Sinyal kuat potensi persetujuan ETF Ethereum spot di AS mulai mencuat pada Senin (20/5) SEC meminta para perusahaan yang ingin menawarkan produk ETF Ethereum spot untuk memperbarui dan mengajukan ulang dokumen penting.

TONTON JUGA:

Akibatnya, Ethereum (ETH) mencatat kenaikan terbesar pada Senin (20/5), menutup kenaikan harian sebesar 20%, adapun sampai mendongkrak kapitalisasi pasar Ethereum melampaui Mastercard.

Pada hari yang sama, Bitcoin (BTC) melonjak ke level tertinggi satu bulan di $71,500, Bitcoin kembali meraih angka $70,000 untuk pertama kalinya dalam enam minggu terakhir.

Baca juga: Sejumlah Negara Sudah Terbitkan CBDC, Kripto Jadi Alat Pembayaran

Adapun, performa positif BTC pekan lalu juga didorong dari arus masuk ke ETF Bitcoin spot di AS.

Menurut data Coinglass, dalam periode perdagangan tanggal 20 – 24 Mei ETF Bitcoin spot di AS mencatat total arus bersih (net inflow) yang mencapai 1,056 Miliar.

Pekan ini

Pasar kripto memasuki pekan terakhir bulan Mei 2024, dimana Bitcoin masih terlihat naik di atas 14% sejak 1 Mei sehingga potensi menutup bulan Mei dengan bullish, pertama kali dalam tiga tahun terakhir. Sementara, Selasa (28/5) pagi pukul 08:00 WIB Bitcoin (BTC) bertengger di $69.345 naik 0,37%.

Sementara, Ethereum (ETH) turun 0,20% menjadi $3.875. Adapun, total kapitalisasi pasar Aset Kripto berada di angka $2,524 Triliun menguat 1,05% dalam 24 jam terakhir.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha mengatakan Ethereum (ETH) potensi untuk melampaui harga $4.000 dalam waktu dekat, didorong oleh kabar Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menyertakan opsi staking Ethereum (ETH) bagi penerbit ETF ETH spot di Hongkong.

“Selain itu, core developer Ethereum juga telah memberikan informasi terkait peluncuran upgrade Ethereum selanjutnya yang dinamakan ‘Pectra’, yang akan diluncurkan pada akhir kuartal pertama tahun 2025,” jelasnya.

Baca juga: Mengenal Mata Uang Kripto: Revolusi Keuangan Digital

Panji melanjutkan ketika Bitcoin (BTC) kembali naik di atas support $69.000 dan jika dapat bertahan di atas support $69.000, maka potensi untuk kembali menguji level $73.000.

“Sementara apabila breakdown support, maka potensi melemah terlebih dahulu ke support trendline di $67.000. Pergerakan BTC juga berpotensi dipengaruhi oleh beberapa data ekonomi AS yang rilis pekan ini,” ungkapnya.

Terdapat rilis data ekonomi Amerika Serikat pekan ini dimulai pada Selasa (28/5) akan dirilis data kepercayaan konsumen.

Pada hari Kamis (30/5/2025), kita akan melihat laporan Tahunan Pertumbuhan PDB Kuartal 1 tahun 2024, yang memberikan perkiraan lanjutan dan wawasan mengenai kesehatan perekonomian dari kuartal sebelumnya.

“Di sisi lain, semua perhatian tertuju pada rilis Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS pada tanggal 31 Mei,” kata Panji.

“Ukuran inflasi utama ini mempengaruhi kebijakan Federal Reserve, yang berpotensi menyebabkan fluktuasi harga Bitcoin.”

“Jadi, mengikuti data ini akan sangat penting bagi setiap investor Aset Kripto,” sambungnya Panji.

Disclaimer: Investasi aset kripto mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Selular sekadar membuat informasi ini dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli aset kripto. Harga aset kripto berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

TONTON JUGA:

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU