Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Indonesia Hanya di Urutan Kelima, Korea Selatan Menjadi Negara Terbanyak Miliki Smartphone

BACA JUGA

Selular.ID – Walaupun Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi digital yang besar, ternyata bukan Indonesia yang menduduki posisi teratas dalam negara kepemilikan smartphone.

Menurut Global Index, Korea Selatan justru menempati posisi pertama dengan 98% masyarakatnya yang memiliki smartphone.

Negara tetangga, Singapura, menyusul di urutan kedua dengan 93%, diikuti Malaysia di urutan ketiga dengan 87%. Jepang menempati urutan keempat dengan 84%, dan barulah Indonesia di posisi kelima dengan 76%.

Data ini menunjukkan bahwa penetrasi smartphone di Korea Selatan sangatlah tinggi. Hampir semua orang di sana memiliki akses terhadap perangkat pintar ini.

Hal ini tentu saja membuka peluang besar bagi berbagai sektor, seperti e-commerce, fintech, dan mobile gaming.

Tingginya kepemilikan smartphone di Korea Selatan juga dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti:

Infrastruktur internet yang maju: Korea Selatan memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses internet melalui smartphone.

Tingginya tingkat literasi digital: Masyarakat Korea Selatan terbilang melek teknologi dan sudah terbiasa menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan.

Kebijakan pemerintah yang mendukung: Pemerintah Korea Selatan, mendorong penggunaan teknologi digital, termasuk smartphone, dalam berbagai aspek kehidupan.

Dibandingkan dengan Korea Selatan, tingkat kepemilikan smartphone di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

Harga smartphone yang masih tergolong mahal: Bagi sebagian masyarakat Indonesia, harga smartphone masih menjadi kendala untuk memilikinya, karena masih tidak merata perekonomian di Indonesia.

Kurangnya akses internet di daerah pedesaan: Di beberapa daerah pedesaan di Indonesia, akses internet masih belum merata, sehingga menghambat penggunaan smartphone.

Tingkat literasi digital yang masih rendah: Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum terbiasa menggunakan internet, sehingga belum memanfaatkan smartphone secara maksimal.

Meskipun demikian, penetrasi smartphone di Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya daya beli masyarakat.

Diperkirakan, dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia akan menyusul negara-negara Asia Timur lainnya dalam hal kepemilikan smartphone.

Dengan upaya yang terarah, diharapkan Indonesia dapat segera mencapai tingkat kepemilikan smartphone yang tinggi, seperti halnya Korea Selatan. Hal ini akan membuka peluang besar bagi berbagai sektor dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Baca juga : Duel Smartphone Saudara: Infinix Note 40 vs Tecno Spark 20 Pro+

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU