Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Catat 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

BACA JUGA

Selular.ID – Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan.

Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan dan risikonya masing-masing.

Baca juga: Impor iPhone Tembus Rp32 T, Investasi Apple di Indonesia Cuma Rp1,2 T

Sebelum memulai, mari mengenal dan memahami karakter diri sendiri untuk menentukan instrumen investasi yang tepat.

Mulai dari si penyuka tantangan yang senang mengeksplorasi, hingga si pemula yang menginginkan opsi lebih aman, terdapat berbagai instrumen investasi yang cocok untuk setiap kepribadian.

Charles Budiman, Chief Digital Officer Maybank Indonesia mengatakan, Di era modern seperti sekarang ini, akses untuk berinvestasi semakin terbuka luas.

Tak heran, investasi juga telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

“Apalagi dengan adanya layanan digital banking yang cerdas, masyarakat kini bisa bertransaksi dalam genggaman dengan lebih mudah, nyaman, dan aman,” ujarnya.

Apa saja tipe karakter dan jenis investasinya? Simak 5 pilihannya berikut ini!

1. Si penyuka tantangan 

Sesuai dengan namanya, karakter yang satu ini senang akan tantangan. Sebagai investor yang juga adventurer, mereka memiliki semangat tinggi dan suka menjelajahi berbagai instrumen investasi.

2. Si pemula

Sebagai pemula dengan pengetahuan yang masih terbatas, karakter ini biasanya lebih memilih menghindari instrumen investasi dengan modal awal besar dan berisiko tinggi.

3. Si pengatur strategi

Dengan kebiasaan menyusun strategi, investor dalam kategori ini akan menentukan instrumen investasi berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya.

4. Si protektor

Karakter protektor yang membumi biasanya lebih memilih untuk menghindari risiko dan tetap aman dalam berinvestasi.

5. Si pengamat

Sebagai observer, karakter ini tidak langsung cepat mengambil keputusan, melainkan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melihat dan mengamati perkembangan sebelum akhirnya terjun berinvestasi.

Keputusan dalam menentukan tipe investasi yang tepat dapat terus berubah seiring perjalanan usia dan tahapan kehidupan yang mempengaruhi profil risiko seseorang, sehingga tidak dapat dipastikan jatuh ke dalam tipe karakter tertentu saja.

Baca juga: Pertimbangkan Investasi Emas Secara Bertahap untuk Keamanan Finansial yang Lebih Baik

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU