Selasa, 28 Mei 2024
Selular.ID -

Telegram Izinkan Login dari Akun Lain, Pengguna Resah

BACA JUGA

Selular.ID – Bagi pemakai aplikasi chat Telegram, platform baru saja meluncurkan program login peer-to-peer dengan imbalan langganan Premium gratis

Sudah menjadi rahasia umum, bagi banyak pengguna yang mencari alternatif selain menggunakan iMessage di iPhone, atau aplikasi milik Meta seperti WhatsApp, Telegram selalu menjadi alternatif yang mengutamakan privasi dan sering menjadi ujung tombak fitur perpesanan baru.

Namun, ada fitur baru yang diluncurkan platform ini yang menimbulkan kekhawatiran besar.

Telegram baru-baru ini meluncurkan program “Login Peer-to-Peer” (P2PL).

Pada dasarnya, program ini dirancang untuk membantu pengguna di lokasi di mana SMS tidak terlalu dapat diandalkan untuk menerima kode OTP (One-Time Pin) melalui pengguna Telegram lainnya.

Dengan kata lain, nomor telepon peserta program menjadi relay pin yang dikirimkan melalui SMS guna membantu pengguna Telegram lainnya untuk login.

Meski terdengar bermanfaat dan inovatif, ada batasannya. Sebagaimana diuraikan dalam ketentuan program, jika Anda mendaftar, Telegram akan memasukkan nomor Anda hingga 150 kali sebulan agar pesan SMS ini dapat dikirim.

Hal ini membuat Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas segala biaya operator yang mungkin dikenakan, yang mungkin tidak menjadi masalah besar jika dikirim di dalam lokasi Anda sendiri, namun mungkin menjadi mahal jika penerimanya adalah orang internasional.

Baca Juga: Fitur Terjemahan Suara di Telegram Kini Tersedia untuk Semua Pengguna

Selain itu, ada masalah privasi. Berpartisipasi dalam program ini berarti Anda dan penerima pesan OTP dapat melihat nomor telepon masing-masing.

Hal ini dapat membuka peluang bagi Anda untuk menerima pesan yang tidak diinginkan dan kemungkinan pelecehan dari seseorang yang nomornya Anda bantu tanpa sadar.

Ketentuan Telegram dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab, sehingga membuat peserta program rentan terhadap potensi pelanggaran privasi.

Hadiah untuk program ini adalah langganan Telegram Premium gratis, yang biasanya berharga $4,99 per bulan dan membuka fitur tambahan seperti unggahan file yang lebih besar dan unduhan yang lebih cepat.

Baca Juga: Telegram Rilis Fitur Baru Ada Efek Thanos Saat Hapus Chat

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU