Kamis, 23 Mei 2024
Selular.ID -

Hindari Pemblokiran, TikTok Luncurkan “Penasihat Remaja”

BACA JUGA

Selular.ID – TikTok aplikasi video pendek yang sangat digandrungi dan disaat yang sama juga kontroversial, kini tengah terjebak dalam baku tembak politik.

Menghadapi potensi larangan di AS karena kekhawatiran kepemilikan di Tiongkok, TikTok berusaha keras untuk mempertahankan tempatnya di hati pengguna paling setianya, yakni kalangan remaja.

Salah satu langkah terbaru TikTok adalah pembentukan “Youth Council” atau “Dewan Pemuda”.

Kelompok yang terdiri dari 15 remaja dari seluruh dunia ini akan memberi saran kepada TikTok tentang cara menjadikan platform ini lebih aman bagi kaum muda.

Ini adalah permainan yang cerdas karena kekhawatiran berkisar pada isu-isu seperti perlindungan anak, misinformasi, dan dampak aplikasi terhadap kesehatan mental.

Dewan tersebut tampaknya merupakan cara yang baik bagi TikTok untuk menunjukkan komitmennya terhadap keselamatan pengguna muda.

Para remaja ini bahkan berkolaborasi dengan Praesidio Safeguarding, sebuah organisasi berbasis di Inggris yang berfokus pada keamanan online.

Namun apakah hal ini cukup untuk mempengaruhi regulator?

Pengaruh TikTok terhadap remaja tidak dapat disangkal.

Aplikasi ini bahkan mendorong pemirsa remajanya untuk mengambil tindakan politik terhadap potensi larangan tersebut.

Beberapa orang khawatir bahwa upaya ini, meskipun berfokus pada kelangsungan aplikasi, mungkin akan menarik lebih banyak perhatian terhadap jangkauan TikTok di kalangan anak muda.

Bisakah Dewan Pemuda TikTok membuat perbedaan? Keberhasilan inisiatif ini kemungkinan besar akan bergantung pada beberapa faktor:

  • Dampak Nyata: Seberapa besar kekuatan sebenarnya yang dimiliki Dewan Pemuda untuk mempengaruhi perubahan pada aplikasi?
  • Kepercayaan Remaja: Akankah remaja melihat dewan ini sebagai upaya nyata untuk melakukan perbaikan atau hanya taktik hubungan masyarakat?
  • Perubahan Kebijakan: Akankah para pengambil kebijakan AS melihat dewan ini dan upayanya sebagai komitmen yang jujur terhadap keselamatan pengguna?

TikTok memainkan permainan berisiko tinggi di sini.

Menarik bagi pengguna remaja merupakan hal yang masuk akal secara strategis, namun apakah hal ini dapat menyelamatkan TikTok dari tekanan politik masih harus dilihat.

Pada akhirnya, efektivitas Dewan Pemuda akan bergantung pada seberapa besar pengaruh yang diberikan kepada mereka di dalam perusahaan dan bagaimana mereka dipandang oleh remaja dan pembuat kebijakan.

Baca Juga: TikTok Masih Lakukan Perlawanan Meski Selangkah Lagi Kena Blokir

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU