Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Dorong Eksportir Indonesia Mendunia, LPEI Perkuat Sinergi bersama Perbankan

BACA JUGA

Selular.ID – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) / Indonesia Eximbank melakukan pertemuan intensif dengan jajaran pimpinan perbankan untuk mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia.

Dalam rangkaian pertemuan yang dilaksanakan secara terpisah, LPEI menjelaskan berbagai langkah transformasi berkelanjutan sejak 2020 yang meliputi pembaruan model bisnis dengan penguatan kolaborasi ekosistem ekspor, penguatan tata kelola, serta penguatan infrastruktur dan sumber daya manusia.

Baca juga: Sektor Perbankan RI Siap Dengan Berbagai Perkembangan dan Tantangan Perbankan Global

Pada pertemuan dengan masing-masing jajaran pimpinan perbankan di Indonesia, seperti PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Bank Central Asia Tbk, LPEI juga membahas sinergi memperkuat dukungan kepada eksportir Indonesia baik UKM maupun korporasi.

“Sebagai mitra strategis bagi LPEI, pertemuan dengan jajaran pimpinan bank nasional dan internasional menjadi langkah yang positif untuk memperkuat kolaborasi bisnis yang lebih produktif, mendukung pertumbuhan ekspor masa depan, dan menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia,” kata Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso.

LPEI berkomitmen menyalurkan pembiayaan kepada sektor yang memiliki daya ungkit dan developmental impact terhadap ekspor, pendapatan dan penambahan lapangan kerja, serta konsisten melaksanakan mandat yang diberikan Pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk dan mendorong ekspor nasional.

Pertemuan yang dilaksanakan di Jakarta ini juga menunjukkan upaya bersama antara LPEI dan mitra-mitra perbankan untuk mendukung ekspor Indonesia melalui berbagai langkah konkret dan kolaboratif secara professional.

Riyani menegaskan LPEI sebagai lembaga keuangan khusus negara berkomitmen menjunjung tinggi tata kelola perusahaan yang baik, berintegritas, serta menerapkan zero tolerance terhadap korupsi dan tindakan melawan hukum.

Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso menyatakan bahwa akan tetap mendukung dan menjalin hubungan bisnis dengan LPEI.

“Kami mendukung LPEI untuk mengambil langkah penyehatan portofolio bisnis, serta melakukan transformasi yang berfokus pada pengembalian fungsi LPEI sebagai government agency dengan penerapan GCG”, ungkap Sunarso.

Senada dengan BRI, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu menyatakan sinergi antara BTN dan LPEI akan terus dikembangkan untuk mendorong dan memperluas ekosistem ekspor, serta meningkatkan perekonomian Indonesia melalui kegiatan ekspor.

“BTN confident, BTN dan LPEI akan terus melanjutkan kerjasama yang telah terjalin cukup lama,” kata Nixon LP Napitupulu.

Baca juga: Trojan Baru! Incar Dunia Perbankan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU