Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Ternyata Segini Harga Asli Vision Pro

BACA JUGA

Selular.ID – Produk fenomenal saat ini, Vision Pro milik Apple sebuah perangkat penggabungan VR dan AR di mana dijual $ 3.500 atau kisaran Rp 55 juta, ternyata harga aslinya tidak semahal itu.

Rp 55 juta adalah angka yang tidak kecil tapi juga tidak begitu besar untuk sebuah perangkat inovasi Vision Pro yang di hadirkan oleh Apple.

Analis memperkirakan biaya sebenarnya pembuatan headset, termasuk semua bagian mewahnya, adalah sekitar $1.500.

Atau jika dirupiahkan harga asli dari perangkat Vision Pro ialah Rp 23 juta. Itu berarti Apple mengambil markup yang cukup besar, tapi mari kita uraikan.

Menurut laporan dari GizmoChina, komponen yang paling mahal dan terlihat tampilan mewah, ada pada satu untuk setiap mata, dengan harga sekitar $456 per buah.

Jadi apabila disatukan biaya untuk kedua layar pada bagian mata berharga $912.

Lalu ada chip yang kuat, satu untuk pemrosesan umum dan satu lagi untuk menangani semua data kamera dan sensor.

Namun dalat dibilang, ini hanyalah biaya suku cadangnya. Apple menghabiskan lebih banyak uang untuk penelitian, pengembangan, pemasaran, dan biaya tersembunyi lainnya.

Ditambah lagi, ini adalah produk yang relatif baru dengan volume produksi yang rendah, sehingga harganya harus menutupi investasi awal tersebut.

Ingat, ini baru generasi pertama. Seiring dengan semakin matangnya teknologi dan peningkatan produksi, kita dapat melihat penurunan harga di masa depan.

Jadi, apakah Vision Pro sepadan dengan harganya yang mahal? Itu tergantung pada seberapa besar keinginan Anda untuk merasakan kecanggihan AR/VR dan seberapa dalam kantong Anda.

Perusahaan sudah membebankan biaya yang wajar (atau tidak adil, tergantung berapa banyak yang Anda punya) untuk mengganti komponen headset.

Baca juga : Tepis Hentikan Buat iPhone Lipat, Apple Bawa tim Vision Pro Untuk Pengembangan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU