Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Samsung Dan Xiaomi Merosot, Apple Rajai Pasar Smartphone Eropa Q4-2023

BACA JUGA

Selular.ID – Canalys mengungkapkan bahwa Apple menjadi pembuat smartphone terlaris di Eropa selama Q4 2023.

Kesuksesan perusahaan asal AS tersebut didorong oleh kuatnya permintaan iPhone 15 Pro dan Pro Max selama masa liburan.

Kendati Apple memimpon, namun Samsung tetap mempertahankan posisi teratas sepanjang tahun 2023.

Pasar secara keseluruhan mencatat 129,8 juta pengiriman pada tahun kalender, 8% lebih rendah dibandingkan 140,8 juta unit pada tahun 2022.

Namun, Canalys memperkirakan bahwa Eropa akan mengalami pertumbuhan satu digit tahun depan, didorong oleh siklus penyegaran pembelian perangkat yang akan datang. selama pandemi.

Smartphone kelas atas mengambil rekor pangsa pasar Eropa secara keseluruhan pada kuartal keempat tahun 2023.

Menurut Runar Bjorhovde, Analis di Canalys, hampir 40% dari seluruh pengiriman adalah ponsel dengan harga lebih dari $800.

Tiga dari empat perangkat adalah iPhone, diikuti oleh Samsung dengan pangsa hanya 16%.

Apple mempertahankan jumlah pengiriman yang hampir tetap selama Q4 2023; Samsung dan Xiaomi-lah yang mengalami kemerosotan besar-besaran, sehingga memungkinkan perusahaan Amerika tersebut untuk naik ke posisi teratas.

Peringkat 5 besar menjadi saksi kebangkitan Honor, dan Canalys mengatakan kita dapat mengharapkan merek-merek kecil untuk meningkatkan pangsa pasar mereka dalam waktu dekat.

Hal ini termasuk Oppo, yang menyelesaikan kesepakatan dengan Nokia mengenai paten 5G, yang memungkinkan pabrikan Tiongkok tersebut memperkenalkan kembali perangkatnya di pasar utama Eropa.

Perusahaan akan melihat peningkatan pengiriman hanya jika mereka menerapkan pendekatan holistik yang menekankan inovasi, keandalan, logistik backend, kepatuhan terhadap peraturan, dan pesan merek yang jelas, tambah Bjorhovde.

Dalam jangka panjang, vendor akan meningkatkan fokus pada pengalaman pengguna di perangkat dengan AI sebagai intinya, menekankan personalisasi, interaksi ekosistem, produktivitas, dan hiburan.

Namun, investasi pada AI harus diikuti dengan mengedukasi konsumen tentang cara memaksimalkan kekuatan fitur AI pada perangkat; jika tidak, perusahaan mungkin tidak akan memperoleh laba atas investasi yang besar.

Baca Juga: Top 5 India Q3-2023, Canalys: 43 Juta Smartphone Terkirim, Pasar Turun 3%

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU