Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Salah Satu Perusahaan Smartphone Tiongkok Pindah Haluan ke AI

BACA JUGA

Selular.ID – Meizu sebagai brand teknologi yang lebih familiar dengan produksi smartphone dengan murah asal Tiongkok, kini mundur dari bisnis ponsel pintar, lebih memilih bermain AI.

Mengulas sedikit, Meizu sendiri memproduksi smartphone dengan desain yang mirip-mirip dengan smartphone flagship Samsung, namun dengan harga yang murah.

Meizu 20 Series Ditopang Chip Snapdragon 8 Gen 2
Meizu 20 Series Ditopang Chip Snapdragon 8 Gen 2

Baca juga: Memilih Smartphone Gaming Rp3 jutaan, Berikut Spesifikasi yang Harus Diperhatikan

Sebenarnya vendor asal Tiongkok itu pernah masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2017 silam.

Di mana memang industri smartphone lagi gencar-gencarnya, ditambah nama perusahaan teknologi Tiongkok lain seperti Oppo, Xiaomi, Vivo lebih dahulu merasakan keuntungannya.

Namun nyatanya, Meizu tidak bisa mengikuti perusahaan Tiongkok lain yang bisa dikatakan lebih sukses, karena hanya setahun berselang atau tepatnya di 2018, Meizu menyerah.

Dan baru-baru ini, perusahaan mengumumkan keputusannya untuk menghentikan pengembangan smartphone baru.

Sebaliknya, Meizu memilih untuk memfokuskan upayanya pada pengembangan dan penciptaan perangkat masa depan yang digerakkan oleh kecerdasan buatan (AI).

Perusahaan ini memang selalu mencoba hal baru industri, seperti layaknya mengikuti arus yang kencang. Karena pada tahun 2023, Meizu berhasil bertransisi dari sekadar perusahaan telepon seluler menjadi grup ekologis.

Mengutip dari GizmoChina, Shen Ziyu, Ketua dan CEO Grup Xingji Meizu, mengakui adanya perubahan di pasar ponsel pintar.

Dia mengatakan konsumen kini membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan upgrade (rata-rata 51 bulan), karena ponsel dari berbagai merek menawarkan kinerja yang sebanding di berbagai bidang seperti kehalusan, fotografi, dan fitur.

Akibatnya, Meizu memutuskan untuk mundur dari bisnis ponsel pintarnya yang juga termasuk membatalkan pengembangan model mendatang seperti Meizu 21 Pro, Meizu 22, dan Meizu 23.

Baca juga : Cerita Tentang Gionee, Coolpad, Meizu, dan Honor yang Kini Tinggal Nama

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU