Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Saat Facebook Beli WhatsApp 10 Tahun Lalu, Pengguna Waswas

BACA JUGA

Selular.ID – 10 tahun yang lalu, Facebook mengumumkan mereka membeli WhatsApp seharga $19,6 miliar atau setara Rp306 triliun.

Berita ini mengguncang dunia online untuk banyak alasan, salah satunya adalah reputasi Facebook yang rapuh dalam hal privasi dan penanganan data.

Ditambah lagi kecenderungannya untuk menggunakan iklan di mana saja, yang bertentangan dengan prinsip inti WhatsApp dan apa yang disukai semua orang sejauh ini.

Media dan komunitas online juga tidak menyetujui pembelian tersebut, mengkritik penjualan itu, mencermati janji-janji Facebook, dan secara umum bersikap pesimis terhadap masa depan WhatsApp.

Tidak sedikit pengguna WhatsApp yang kebetulan juga pengguna Facebook merasa berkonflik dengan semua itu.

WhatsApp mengubah sejumlah kebijakannya dimana pengguna harus mengklik “Setuju”.

Beberapa pengguna merasa langsung ingin keluar dari WhatsApp saat itu juga. Bahkan beberapa bisnis juga demikian. Tetapi tentu tidak semua orang merasa terganggu dengan adanya pengalihan kepemilikan itu.

Kemudian para pendiri WhatsApp meninggalkan Facebook, dan terjadilah Cambridge Analytica, diikuti oleh banyak skandal Facebook lainnya.

Baca Juga: Panggilan Video Berempat Sudah Tersedia di WhatsApp

Tetapi WhatsApp bukan sekadar aplikasi chatting, ini adalah cara pengguna berkomunikasi dengan semua orang yang disayangi.

Ada foto-foto, catatan suara, kabar suka dan duka selama COVID terjadi, dll. WhatsApp, mau atau tidak, sudah tertanam dalam setiap aspek kehidupan nyata.

Seiring berjalannya waktu, semua pengguna juga menyadari bahwa WhatsApp tidak menjadi lebih buruk, setidaknya tidak seburuk yang dialami jejaring sosial dan messenger lainnya.

Hingga hari ini, sebagian besar layanan ini masih bebas iklan, tidak seperti momok Instagram (pembelian sosial besar lainnya di Facebook).

Tidak ada umpan algoritmik juga. Anda mengontrol kontak Anda, siapa yang bisa menghubungi Anda, siapa yang melihat Anda dan foto Anda, komunitas WhatsApp, saluran, dan bisnis mana yang Anda ajak berkomunikasi, grup mana yang bisa mengundang Anda, dan seterusnya.

Anda juga mendapatkan enkripsi ujung ke ujung di beberapa perangkat. Secara keseluruhan, 10 tahun kemudian, WhatsApp sepertinya telah lolos dari masa terburuk Facebook.

Meskipun di awal segala sesuatunya terasa meragukan, 10 tahun yang lalu, mengenai kesepakatan ini, ternyata tidak seburuk yang kita semua bayangkan pada tahun 2014.

Baca Juga: Aturan Baru Undang-Undang Layanan Digital Buat Google dan Facebook Was-Was

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU