Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Qualcomm Umumkan Modem X80 5G untuk Smartphone Satelit

BACA JUGA

Selular.ID – Modem 5G terbaru Qualcomm memadukan kecepatan 5G super cepat dengan AI dan memperluas dukungan untuk konektivitas satelit.

Modem X80 5G adalah modem 5G generasi ketujuh untuk smartphone, perangkat extended reality (XR), PC, kendaraan, dan perangkat IoT industri serta dilengkapi prosesor AI khusus.

Modem Snapdragon terbaru Qualcomm dilengkapi prosesor AI 5G khusus dengan akselerator tensor yang menjanjikan peningkatan kecepatan data, jangkauan, dan efisiensi daya sekaligus mengurangi latensi.

5G AI Suite Gen 3 yang terintegrasi menghadirkan peningkatan AI yang akan membantu cakupan dan akurasi lokasi.

Qualcomm mengklaim konsumsi daya 10% lebih rendah saat terhubung ke jaringan mmWave dan peningkatan akurasi lokasi 30%.

Snapdragon X80 adalah modem 5G pertama dengan dukungan komunikasi satelit pita sempit (NB) hingga jaringan non-terestrial (NTN) yang terintegrasi penuh.

Ini berarti kita akan melihat lebih banyak smartphone flagship dengan dukungan konektivitas satelit yang diluncurkan akhir tahun ini.

Kecepatan pengunduhan puncak dinilai pada 10 Gbps sementara pengunggahan harus mencapai 3,5 Gbps secara teoritis dengan dukungan untuk frekuensi 5G mmWave (10 agregasi operator) dan sub-6 GHz (5 agregasi operator).

X80 juga menghadirkan arsitektur 6 antena penerima dan merupakan modem 5G pertama dengan agregasi operator downlink 6x dan ekstensi jangkauan mmWave berbasis AI.

X80 menggunakan antena QTM565 mmWave yang sama dengan modem Snapdragon X75.

Qualcomm saat ini sedang mengambil sampel modem X80 5G untuk bermitra dengan OEM dengan perangkat komersial yang diperkirakan akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2024.

Sistem konektivitas seluler FastConnect 7900

Qualcomm juga mengumumkan sistem konektivitas seluler FastConnect 7900, yang pertama mengintegrasikan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, dan Ultra Wideband dalam satu chip 6nm.

Ini mendukung standar Wi-Fi 7 terbaru dengan kecepatan puncak hingga 5,8 Gbps serta standar Bluetooth 5.4 dengan audio spasial, dan dukungan ANT+.

Modul ini juga memanfaatkan penyempurnaan AI yang memberikan latensi dan konsumsi daya yang optimal sambil beradaptasi dengan kasus penggunaan dan lingkungan tertentu.

Qualcomm mengklaim penggunaan daya hingga 40% lebih rendah dibandingkan modul FastConnect 7800 sebelumnya.

Qualcomm juga menyombongkan kemampuan proximity awareness dengan jangkauan Wi-Fi, dan saluran Bluetooth.

FastConnect 7900 mendukung Expanded Personal Area Network Technology (XPAN) dan Snapdragon Seamless untuk menghubungkan beberapa perangkat yang menjalankan berbagai sistem operasi dengan peralihan audio cerdas dan penemuan perangkat secara proksimal.

Chip Wi-Fi mendukung standar High Band Simultaneous (HBS) untuk konektivitas instan antar perangkat dan aksesori dengan latensi rendah.

Qualcomm FastConnect 7900 diperkirakan akan diluncurkan secara komersial pada paruh kedua tahun 2024.

Baca Juga: Snapdragon X Elite Bakal Jadi Pesaing Chipset Apple M3

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU