Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Snapdragon X Elite Bakal Jadi Pesaing Chipset Apple M3

BACA JUGA

Selular.ID – Qualcomm meluncurkan Snapdragon X Elite. Chipset ini diklaim bukan hanya akan menjadi pesaing utama dari chipset M2 dan M2 Max milik Apple, tapi juga chipset M3 terbaru.

Snapdragon X Elite menawarkan peningkatan kinerja single-thread sebesar 30% dibandingkan M2 Max, dan peningkatan kinerja multi-thread sebesar 50% jika dibandingkan dengan M2.

Snapdragon X Elite dibuat dengan node proses 4 nm dan dilengkapi 12 core Oryon berkinerja tinggi yang memiliki clock 3,8 GHz dengan peningkatan single dan dual-core hingga 4,3 GHz.

Di sisi grafis, X Elite dilengkapi GPU Adreno terintegrasi dengan rating 4,6 TFLOPs dengan dukungan DirectX 12 API. Chip ini dapat menangani hingga 3x monitor UHD eksternal pada 60Hz. Editor video dapat memanfaatkan unit pemrosesan video (VPU) Adreno yang mendukung encode dan decode 4K60 10-bit untuk file H.264, HEVC (H.265) dan AV1.

Baca Juga:Qualcomm Tidak Sebut Snapdragon 8 Gen 3 Bakal Dipakai Oleh Samsung

Qualcomm juga menambahkan NPU Hexagon dengan operasi 45 Tera per detik (TOPs) yang unggul dalam tugas-tugas AI Generatif.

Snapdragon X Elite dapat menangani lebih dari 13 miliar parameter yang berjalan di perangkat dan menghasilkan 30 token per detik.

Chip ini mendukung RAM LPDDR5x dengan bandwidth memori hingga 136 GB/s dan total cache 42MB bersama penyimpanan PCIe Gen4 atau UFS 4.0. Dari segi konektivitas, Snapdragon X Elite mendapatkan Sistem FastConnect 7800 dengan dukungan Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4 serta modem Snapdragon X65 5G untuk konektivitas seluler dengan kecepatan unduh puncak hingga 10 Gbps.

X Elite mendukung pemutaran audio lossless berkat Qualcomm Aqstic DAC dan juga dilengkapi prosesor sinyal gambar (ISP) Qualcomm Spectra dengan dukungan kamera ganda hingga 36MP dan pengambilan video 4K HDR.

Produsen mengklaim bahwa Snapdragon X Elite akan dengan mudah mengungguli dua prosesor dan akan menjadi pesaing utama Apple M3, sebagaimana dihimpun dari XDA Developer.

Untuk diketahui, M1 mendasarkan inti-intinya pada A14, M2 mendasarkan inti-intinya pada A15, dan M3 mendasarkan inti-intinya pada A16. Tidak ada lompatan besar yang menunjukkan peningkatan sebesar 30%.

Sejumlah pihak bahkan menyebut kecil kemungkinannya bahwa M3 akan mengalahkan Snapdragon X Elite dalam kinerja single-threaded. Meskipun kinerja multi-threaded masih kalah dari M3 Apple.

Baca Juga:Google dan Qualcomm Garap Chipset Wear OS Bersama Berbasis RISC-V

Dalam pengujian, Snapdragon X Elite mengalahkan M2 dengan cukup mudah dan bahkan masih mengungguli M2 Max. M2 Max sendiri juga mengkonsumsi cukup banyak daya.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU