Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Bukan Oppo, Apalagi Samsung, Huawei Raja HP Lipat Di Tiongkok

BACA JUGA

Selular.ID – Menurut IDC , pasar ponsel lipat Tiongkok mencatat pertumbuhan sebesar 114,5% YoY pada tahun 2023, Huawei jadi rajanya.

Pengiriman kuartal keempat saja sebanyak 2,771 juta unit di Tiongkok. Produk baru dari Huawei, Oppo, dan Honor berkontribusi terhadap pertumbuhan tersebut.

Pasar ponsel lipat Tiongkok tumbuh lebih dari 100% YoY selama empat tahun terakhir sejak perangkat pertama memasuki pasar pada tahun 2019. Seiring dengan semakin matangnya kategori ini, kinerjanya diperkirakan akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang.

Pangsa perangkat lipat dengan harga di atas $1000 turun menjadi 66,5% dari 81%. Hal ini disebabkan oleh peningkatan harga perangkat lipat yang terjangkau di segmen $400-$600.

Namun, konsumen Tiongkok lebih menyukai perangkat lipat horizontal bergaya buku dibandingkan perangkat lipat vertikal kulit kerang yang lebih murah. Tingkat adopsi jenis ini tinggi di kalangan pebisnis kaya.

Bagi konsumen premium, harga bukanlah suatu masalah. Oleh karena itu, mereka memilih perangkat lipat horizontal yang menawarkan serangkaian fitur maksimal pada ponsel yang dapat dilipat.

Dari segi merek, Huawei memimpin pasar dengan pangsa 37,4%. Mate X5 terus mendapat lebih banyak permintaan daripada pasokan sejak diluncurkan.

Pemain top global Samsung hanya berada di urutan keempat dengan pangsa 11%. Sedangkan peringkat kedua, ketiga, dan kelima masing-masing ditempati oleh Oppo (18,3%), Honor (17,7%), dan Vivo (9,7%). Find N3 Flip adalah clamshell lipat paling populer.

Terakhir, Xiaomi menduduki posisi keenam dengan pangsa 4,6% dan Lenovo di posisi ketujuh hanya memiliki pangsa 1,4%.

Meskipun di Indonesia sendiri, smartphone lipat milik Huawei ini belum resmi hadir, dan hanya di dominasi oleh dua brand yakni Samsung dan Oppo, dilanjutkan Tecno meskipun terbilang baru.

Baca juga : HP Lipat Akan Jadi Pembeda Setelah Semua Vendor Buat Produk Sama

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU