Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Konsumen Tidak Melulu Lihat Harga Dalam Beli Smartphone, Reputasi Brand Juga Penting

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Konsumen di Indonesia memiliki dua pertimbangan utama dalam membeli smartphone, yaitu harga dan brand.

Kesampingkan soal spesifikasi yang ditawarkan pada setiap produk smartphone baru hadir khususnya di pasar Indonesia.

Menurut Febriman Abdillah, Senior Analyst Counterpoint Technology Market Research yang memberikan penjelasan kepada Selular.ID, ungkap memang harga masih jadi patokan utama, tapi nama sebuah brand masih juga prioritas.

Tapi dilanjutkan Febriman, kalau dari sisi harga menjadi faktor utama bagi konsumen yang mencari smartphone kelas menengah ke bawah.

Mereka ingin mendapatkan smartphone dengan harga yang terjangkau baru setelah itu melihat sisi spesifikasi dan memiliki fitur yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, nama sebuah brand menjadi patokan utama bagi konsumen yang membeli smartphone premium.

Mereka ingin mendapatkan smartphone dengan kualitas terbaik dan fitur-fitur canggih, dan mereka rela membayar lebih untuk mendapatkan smartphone dari brand ternama.

Jadi dapat diartikan konsumen yang membeli smartphone kelas menengah ke bawah lebih memilih brand seperti Xiaomi, Redmi, Realme, Tecno, Infinix, Itel, Poco.

Namun konsumen yang membeli smartphone premium lebih memilih brand global seperti Apple, Samsung, dan Huawei.

Sedangkan Oppo, dan Vivo sebenarnya juga bisa masuk kedalam kedua kelas tersebut, karena baik Oppo dan Vivo punya berbagai macam produk di masing-masing kelasnya.

Jadi kesimpulannya, harga dan brand adalah dua pertimbangan utama bagi konsumen Indonesia dalam membeli smartphone.

Konsumen yang mencari smartphone kelas menengah ke bawah lebih memprioritaskan harga, sedangkan konsumen yang membeli smartphone premium lebih memprioritaskan brand.

Baca juga : Benarkah Inovasi Smartphone Sudah Mati?

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU