Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

HP Lipat Akan Jadi Pembeda Setelah Semua Vendor Buat Produk Sama

BACA JUGA

Selular.ID – Smartphone masa kini dari kelas entry level hingga flagship punya skema dari desain maupun spesifikasi pasti sama seperti generasi sebelumnya, namun menurun senior analis Counterpoint HP lipat akan jadi pembeda.

Sebagian dari pembaca artikel ini adalah ia seorang yang telah membeli smartphone tahun kemarin atau dua tahun sebelumnya.

Sadar tidak sadar pasti akan membandingkan dengan smartphone dari brand yang sama seperti anda beli, namun keluaran tahun ini.

Seperti contoh, iPhone dimulai dari iPhone 11 hingga iPhone 15 punya desain yang 98% sama. Lain itu, Samsung S24 juga hadirkan desain yang sama dengan generasi sebelumnya. Ini baru bicara desain, meskipun spesifikasi ditingkatkan.

Kalau melihat perbandingan spesifikasi, sebuah contoh yang dikutip dari netizen pecinta Poco, tidak sedikit yang mengeluh kalau menyesal membeli Poco F5 di tahun kemarin, namun di tahun ini sudah hadir Poco X6 Pro yang hadir dengan spesifikasi sama-sama unggul ditambah harga yang terlampau tidak jauh berbeda.

Baca juga : Oppo Bakal Keluar Dari Pasar Smartphone Lipat? Yang Bener Aja!

Melihat lebih bawah lagi, smartphone di harga sejutaan dengan embel-embel performa ngebut, MediaTek G99 seperti jawabannya.

Tidak jarang juga, MediaTek Helio G99 ini mengisi lini produk smartphone dijajaran kelas bawah, bukan hanya itu meskipun smartphone entry level masa kini juga tidak boleh di anggap remeh, karena banyak juga yang telah dibekali spesifikasi RAM minimal 8GB/128GB itu sudah lebih dari cukup.

Belum lagi masalah kamera yang sudah di bekali resolusi 50MP. Kapasitas baterai juga besar 5.000mAh. tapi dengan begitu serasa semua di pukul rata, dan itu kemungkinan akan hadir di tiap tahunnya, bahkan hanya hitungan bulan.

Febriman Abdillah selaku Senior Analyst Counterpoint Technology Market Research, juga melihat hal yang sama, tapi memang adanya sebuah peningkatan.

Misal, smartphone beberapa tahun belakang, di kelas premium menghadirkan smartphone dengan RAM minimal 8GB. Tapi kini sudah hadir juga di smartphone entry level, itu sebuah peningkatan.

“Meskipun smartphone premium dengan desain sama, tapi saya melihat vendor membedakannya dari sisi software, seperti contoh Samsung dengan Galaxy AI-nya.” Jelas Febriman kepada Selular.ID, Senin (19/02/2024).

Namun bagaimana bisa melihat setiap tahun teknologi akan semakin berkembang, dan bakalan ada lagi hal yang baru, bagi vendor harus bisa juga mengadopsi sesuai kebutuhan konsumen. Kalau tidak, maka smartphone premium akan sama dengan smartphone kelas bawah.

Maka dari itu Febriman melihat ada potensi yang besar dari sebuah smartphone lipat. Sudah jelas dari sisi desain premium, spesifikasi juga sudah mumpuni.

“Kedepannya hp lipat trend nya premium akan tetap di minati, karena itu salah satu nya inovasi dari sisi desain, yang bisa membedakan flagship ataupun non flagship. Karena kalau melihat spek semua hampir sama, jadi salah satu pengembangnya untuk membedakan itu dari sisi software (AI) atau desain yang harus inovatif.” Tegasnya Febriman.

Ya, bisa dikatakan smartphone lipat kini hadir menjelma merangsek pasar smartphone premium, harga yang tidak bisa di bilang murah tapi banyak juga peminatnya. Karena Febriman melihat, di pasar retail smartphone lipat khususnya Oppo sudah jarang ada stoknya.

Kalau menghimpun pernyataan dari Febriman, Apple yang baru saja menghentikan produksi smartphone lipat, ini bisa jadi akan membuat Apple dengan iPhone-nya bakal tertinggal.

Meskipun ada pendorong yang bisa jadi iPhone masih eksis ialah setiap tahunnya chipset iPhone Bionic Series selalu terdepan, bahkan kabarnya di tahun ini akan menggunakan chipset bermanufaktur 3 nanometer.

Baca juga : Apple Hentikan Buat Smartphone Lipat Karena Gagal Saat Uji Coba

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU