Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Blusukan di Shenzhen hingga Sambangi Kantor Vivo HQ

BACA JUGA

SHENZEN, SELULAR.ID – Matahari bersinar begitu cerah di langit Kota Shenzhen, Provinsi Guangdong, China, Rabu (21/2/2024).

Meski matahari terlihat begitu jelas, tetapi suhu di Kota Shenzhen tidak begitu panas, hanya hangat terasa di tubuh ini.

Selular berkesempatan menyambangi Shenzhen yang berbasatasan dengan Hongkong untuk blusukan ke markas Vivo Headquarter yang terletak di daerah Dongguan.

Meski berada di wilayah Shenzhen, Dongguan sendiri adalah kawasan industri di daerah itu.

TONTON JUGA:
@selular.id

Resmi Rilis Vivo V30 Pro, Saat ini V30 Series hadir dengan desain yang menawan. Untuk kamera V Series memang tidak perlu diragukan lagi. #vivov30series #vivov30pro #vivoindonesia #zeiss #v30pro #vivo #vivoglobal #CapCut

♬ suara asli – SelularID – SelularID

Adanya kawasan industri ini membuat Shenzhen kini berada di peringkat keempat kota terbesar di China setelah Beijing, Shanghai dan Guangzhou.

Ketika memasuki wilayah kawasan industri di Dongguan ini, sejumlah banner iklan smartphone Vivo terpampang di jalanan daerah itu.

Baca juga: Gambar Vivo X Fold 3 Bocor Kemungkinan Terhubung Mac

Tidak kalah dengan sambutannya, Vivo Headquarter juga memiliki ke komplek gedung mewah dengan luas kurang lebih 12000 m2 atau sekitar 1,2 hektar.

Dengan luas wilayah itu, Vivo membaginya untuk kantor pusat hingga pabrik atau kantor produksi smartphone Vivo.

Selular berkesempatan untuk melihat secara langsung pembuatan hingga perakitan smartphone-smartphone kelas flagship produk Vivo hingga iQoo di pabriknya.

Kantor Vivo di Shenzen, China (Selular.id/Suharno).
Kantor Vivo di Shenzen, China (Selular.id/Suharno).

Perakitan ini mulai dari perakitan hardware, termasuk memasang tap, tes speaker, memasang cover screen, memasang kamera, pemeriksaan akhir setelah dirakit dan pemasangan aksesoris pada box smartphone.

Dalam satu tahun, Vivo Global mengatakan bahwa mereka bisa memproduksi sekitar 70 juta smartphone di gedung ini.

Setelah berkeliling di sektor C komplek Vivo yang merupakan pabrik, Selular kemudian menyambangi wilayah A komplek yang merupakan kantor utama Vivo HQ.

Jarak dari pabrik ke kantor pusat Vivo yang ini kira-kira ratus meter dan untuk memangkas waktu maka Selular harus menempuhnya menggunakan kendaraan.

Kantor Vivo di Shenzen, China (Selular.id/Suharno).
Kantor Vivo di Shenzen, China (Selular.id/Suharno).

Bentuk gedung utama Vivo yang didesain memutar tepatnya oval, gedung ini memiliki 7 lantai, dimana lantai 3 hingga 7 digunakan sebagai kantor pusat dan kantor untuk melakukan berbagai test smartphone, khususnya mengenai kamera smartphone Vivo.

Di lantai 1 dan 2 gedung, terdiri dari lobi dan ruang pertemuan. Di lantai 2, kalian bisa menemukan dua layar besar untuk menampilkan visi misi dan perjalanan singkat Vivo.

Dilanjut dengan sebuah meja berbentuk melengkung yang memamerkan jajaran smartphone dan produk yang telah Vivo rilis.

Baca juga: Artificial Intelligence Ancam Peran Guru

Lanjut ke lantai 3, di mana Selular melihat salah satu ruangan yakni Component Research Lab, yang mana terdapat beberapa tes kamera termasuk ruangan Zeiss ’Imaging Lab’.

Ruangan ini mencakup tes akurasi warna, keseimbangan putih, retensi detail, serta memastikan bahwa kamera ponsel dapat melakukan semua itu dari semua jarak dan cahaya.

Kemudian ke part selanjutnya, yaitu ruangan tes Durability atau ketahanan di mana semua sample smartphone Vivo diuji dengan berbagai tes.

Seperti uji jatuh dan tekuk hingga uji ketahanan air dan suhu, yang sebagian besar pengujiannya dilakukan dengan bantuan mesin.

Sayangnya, Selular tidak diperbolehkan untuk mengambil foto dan video dari rangkaian test ini, hal ini dilarang pada saat kita masuk dari pintu ruangan hingga akhir pengetesan.

Salah satu contoh uji ketahanan ini adalah uji tekuk dengan beban 30 kg, uji tombol volume dan power hingga 150 ribu kali, drop test dari ketinggian 1 meter, tes sim card slot, audio jack dan USB, serta tes IP8X dimana smartphone dimasukkan ke dalam air dalam waktu 30 menit.

Baca juga: Top 10 Smartphone Terlaris di Dunia pada 2023

Di akhir kesempatan, Selular diajak untuk bertemu beberapa perwakilan dari Vivo untuk mengetahui lebih banyak soal produk dan teknologi Vivo terbaru yang akan dirilis di Indonesia.

Alexa Tiara, PR Manager Vivo Indonesia disela sela Vivo Tech Trip menjelaskan, setiap tahun penjualan tumbuh mencapai 13 persen di Tanah Air.

Simak berita menarik lainnya dari Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU