Minggu, 21 April 2024
Selular.ID -

Pengadilan Tiongkok Memihak Oppo atas Sengketa Paten Nokia

BACA JUGA

Selular.ID – Perselisihan Oppo dan Nokia dalam sengketa paten 5G sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun.

Permasalahannya adalah mengenai royalti dan berapa banyak yang harus dibayarkan oleh pabrikan Tiongkok kepada perusahaan jaringan Finlandia tersebut.

Dan salah satu konsekuensi dari ketidaksepakatan tersebut adalah pembuat ponsel tersebut diblokir dari menjual perangkatnya di Eropa.

Perselisihan ini dibawa ke Pengadilan Rakyat Menengah Pertama Chongqing, meminta pengadilan untuk menetapkan biaya lisensi FRAND (adil, masuk akal, dan non-diskriminatif) secara global.

Keputusan pengadilan baru-baru ini dipublikasikan, dan Oppo mengumumkan bahwa mereka setuju dengan perintah tersebut dan bersedia membayar sejumlah $0,707 hingga $1,151 per unit atau sekitar Rp11 ribu-Rp17 ribu, tergantung pada pasar yang berbeda.

Baca Juga: Nokia yang Semakin Galak Terhadap Pelanggaran Paten

Ini adalah keputusan pertama yang mengonfirmasi kisaran beban royalti agregat dari paten penting standar 5G untuk industri ponsel, kata Oppo dalam siaran persnya.

Hal ini harus memberikan pedoman untuk diskusi lebih lanjut dalam industri, serta industri terkait, seperti IoT atau mobil pintar.

Namun keputusan pengadilan ini bukan berarti Nokia telah menyetujui biaya tersebut.

Pembuat peralatan dan salah satu pemilik paten 5G terbesar di dunia mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut, yang “terbatas pada yurisdiksi Tiongkok saja dan dengan demikian hanya mewakili satu pandangan.”

Nokia menambahkan, “pengadilan di luar Tiongkok telah mengkonfirmasi bahwa Oppo melanggar komitmennya sebagai pengguna teknologi Nokia dalam standar terbuka,” dan perusahaan yakin akan posisinya dalam perselisihan tersebut, dan berharap perselisihan tersebut akan segera diselesaikan.

Baca Juga: Masih Tahap Diskusi, Ini Kelanjutan Kasus Gugatan Nokia kepada Realme dan Oppo

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU