Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Apple Bakal Tambah Lapisan Penutup Layar iPhone dan Mac

BACA JUGA

Selular.ID – Saat ini, iPhone dan Mac telah lengkap dengan layar cerah yang mendukung visual resolusi tinggi dan bidang pandang luas. Layar perangkat Apple yang ada saat ini (panel LCD dan OLED) mendukung bidang pandang hampir 170 derajat.

Namun, seiring dengan keunggulan tersebut, muncul risiko terkait privasi pengguna. Hal ini memudahkan orang lain melihat apa isi layar iPhone atau Mac yang sedang dilihat.

Hal ini bisa menjadi risiko besar terhadap keamanan dan privasi pengguna
Apple menyadari pentingnya menjaga privasi ini dan berencana mengambil langkah-langkah inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Melalui sejumlah paten terbaru, Apple mengungkapkan pendekatan baru mereka terhadap masalah privasi pada layar perangkat. Salah satu paten yang menonjol berjudul “Privacy films for curved displays”.

Paten ini mengusulkan solusi dengan menambahkan lapisan penutup pada layar, yang mirip dengan film polarisasi.

Baca Juga:Cegah Transfer Data Otomatis, Nonaktifkan Fitur Ini di iPhone Anak

Lapisan ini terancang untuk mengizinkan cahaya keluar hanya dalam satu arah. Sehingga, ketika pengguna berada tepat di depan layar, mereka dapat menikmati kualitas retina dan kecerahan layar secara penuh.

Langkah ini efektif mengatasi risiko mata yang mengintip informasi pribadi pengguna.
Adapun ide lain dari Apple, dalam paten yang berjudul “Layar dengan sudut pandang yang dapat disesuaikan (Displays with adjustable angles of view),” Apple berencana untuk mengizinkan pengguna mengubah sudut pandang layar sesuai preferensi mereka.

Layar akan menyertakan “filter yang dapat dikontrol secara elektrik”, sehingga pengguna bisa mengontrol polarisasi layar.

Dengan teknologi tersebut, layar perangkat juga akan memiliki lapisan kristal cair di antara lapisan polarisasi ini.

Elemen kristal cair ini kemungkinan dilengkapi filter warna. Filter ini nantinya dapat membatasi gambar dengan warna tertentu hanya untuk pengguna.

Baca Juga:Bocoran Kamera iPhone SE 4 Terungkap

Sehingga, privasi pengguna akan terjaga karena orang lain tidak dapat melihat gambar yang ada di layar.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU